Dewan Pers

Dark/Light Mode

KBRI Bandar Seri Begawan Bagikan Bantuan Sembako Ke PMI Di Brunei

Minggu, 24 April 2022 13:42 WIB
Pembagian paket sembako dari KBRI Bandar Seri Begawan untuk para PMI di Brunei Darussalam, Sabtu (23/4). (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)
Pembagian paket sembako dari KBRI Bandar Seri Begawan untuk para PMI di Brunei Darussalam, Sabtu (23/4). (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penanganan Covid-19 di Brunei Darussalam sedang memasuki masa endemi dan menunjukkan pemulihan. Namun demikian, dampak pandemi terhadap beberapa WNI, khususnya para Pekerja Migran Indonesia (PMI), masih dirasakan. Hal ini dikarenakan, ketika masa pandemi, kegiatan ekonomi Brunei mengalami pembatasan. Dampak dari pembatasan aktivitas tersebut juga dirasakan para PMI.

Menyikapi situasi tersebut, KBRI Bandar Seri Begawan mengadakan survei online mengenai kebutuhan WNI, khususnya para PMI di Brunei, 11 April 2022. Dari hasil survei tersebut, diketahui beberapa PMI mengajukan permohonan kebutuhan bantuan sembako.

Berita Terkait : Bane Raja Manalu Bagi-bagi Sembako Ke 66 KK Korban Kebakaran Di Asahan

Memenuhi permintaan, Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Sujatmiko menindaklanjutinya dengan kegiatan pemberian bantuan sembako kepada PMI yang membutuhkannya. Pemberian bantuan sembako dilaksanakan di lobi KBRI Bandar Seri Begawan, Sabtu (23/4). 

Dubes Sujatmiko dan Ibu Nany Sujatmiko menyerahkan paket sembako kepada PMI yang hadir. Penyerahan juga dilakukan Wakil Kepala Perwakilan RI Irwan Iding dan pejabat KBRI lainnya. Paket sembako yang dibagi meliputi beras, minyak goreng, teh, kopi, gula, dan mie instan. Isi paket tersebut mengutamakan produk Indonesia yang tersedia di Brunei.

Berita Terkait : Peduli Anak Yatim Dan Warga Kurang Mampu, F-PPPI Bagikan Santunan Paket Sembako

Seperti keterangan yang diterima RM.id, Minggu (24/4), pada kesempatan di atas, Dubes Sujatmiko menyampaikan, bantuan sembako diberikan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap WNI, terutama para PMI. Selain itu, kegiatan pembagian sembako juga berkaitan dengan rangkaian kegiatan Ramadan. Dubes Sujatmiko berharap, bantuan sembako ini dapat meringankan dan memenuhi kebutuhan PMI yang menerima, terutama dalam kebutuhan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Acara pembagian sembako tersebut dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama yang diselenggarakan Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei (PERMAI), di aula KBRI Bandar Seri Begawan. Rangkaian kegiatan ini meliputi buka puasa bersama, Salat Tarawih, dan ceramah rohani. [USU]