Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Suka Cita Masyarakat Indonesia Rayakan Idul Fifri Di Bangkok

Senin, 2 Mei 2022 21:23 WIB
Suasana Shalat Idul Fitri di Kompleks KBRI Bangkok. (Foto: Dok. 
KBRI Bangkok)
Suasana Shalat Idul Fitri di Kompleks KBRI Bangkok. (Foto: Dok. KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak pukul 06.00 pagi, masyarakat Muslim Indonesia di Bangkok berbondong-bondong memasuki Kompleks KBRI Bangkok untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah. Hujan gerimis yang turun di Senin pagi (2/5) tidak menyurutkan langkah masyarakat Indonesia untuk merayakan hari kemenangan secara suka cita.

Seperti keterangan KBRI Bangkok, sambil menunggu pelaksanaan Shalat Id, dengan penuh khidmat, masyarakat Indonesia bersama-sama mengumandangkan takbir, tahlil, dan tahmid. Tampak di antara jamaah Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Rachmat Budiman beserta Ibu Tanty Rachmat Budiman yang ikut menunaikan Ibadah Shalat Id.

Baca juga : Manjakan Konsumen, Finnet Tebar THR Di Hari Raya Idul Fitri

Bertindak sebagai imam dan khatib pada Shalat Id kali ini adalah Ustaz May Dedu, salah satu da’i ambassador untuk Thailand dari Yayasan Askar Kauni. Ustaz May membawakan khutbah dengan tema “Pandemi dan Fitrah Manusia; Tantangan, Peluang, dan Harapan”.

Usai melaksanakan Shalat Id, masyarakat Indonesia secara teratur dan suka cita memasuki Wisma Duta untuk bersilaturahmi dengan Duta Besar RI dan Ibu Tanty Rachmat Budiman. Acara silaturahmi ini dihadiri sekitar 800 masyarakat Indonesia. Tidak hanya masyarakat Muslim Indonesia, tetapi juga masyarakat Indonesia lainnya dan juga friends of Indonesia.

Baca juga : CCEP Indonesia Serahkan Ribuan Paket Sembako Idul Fitri

Suasana hangat dan penuh persahabatan sangat terasa pada acara silaturahmi tersebut. Warga masyarakat Indonesia saling bermaaf-maafan dan juga saling temu kangen satu sama lain. Acara silaturahmi sangat dinanti-nantikan  masyarakat Indonesia di Bangkok yang telah dua tahun lamanya tidak dapat merasakan suasana lebaran seperti di kampung halaman karena pandemi Covid-19. Perkembangan situasi Covid-19 di Thailand serta pelonggaran kebijakan berkumpul di Thailand telah memungkinkan KBRI Bangkok untuk melaksanakan perayaan Idul Fitri secara lebih leluasa.

Para mahasiswa Indonesia dari berbagai universitas di Thailand yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan kegembiraannya dapat berkumpul bersama masyarakat Indonesia lainnya menikmati suasana Lebaran seperti di Indonesia karena sudah dua tahun momen lebaran seperti ini tidak dirasakan lagi di Thailand.

Baca juga : Tata Cara Shalat Idul Fitri Di Lapangan

“Menu masakan Lebaran seperti rendang dan lontong sayur yang disajikan benar-benar mengobati rasa rindu kampung halaman di Indonesia bagi kami para mahasiswa di Thailand. Selama ini kami hanya mendapatkan kiriman foto menu Lebaran dari sanak keluarga di Indonesia”, kata Rezky Zebua, mahasiswa Universitas Chulalongkorn.

Suasana hari raya kian terasa dengan disajikannya kuliner hari raya khas Tanah Air seperti lontong, rendang, ayam balado, kentang mustofa, dan semur tahu telur. Dubes Rachmat Budiman mengatakan, suasana hangat dan hidangan lebaran ini merupakan penawar rindu warga Indonesia yang sedang berada jauh dari Tanah Air dan sanak saudara, serta momen yang sangat tepat untuk memperkuat kembali rasa persaudaraan dan persatuan. Shalat Idul Fitri dan silaturahmi kali ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dengan pengecekan suhu tubuh, pemakaian masker, dan hand sanitizer. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.