Dark/Light Mode

Hari Ini Filipina Gelar Pemilihan Presiden

Presiden Bongbong Dan Sara Duterte Dicap Sebagai Duet Jahat

Senin, 9 Mei 2022 08:06 WIB
Deretan poster para capres-cawapres Filipina di sebuah kedai di Manila. (Foto Reuters/Willy Kurniawan)
Deretan poster para capres-cawapres Filipina di sebuah kedai di Manila. (Foto Reuters/Willy Kurniawan)

 Sebelumnya 
Dia bilang, selama tiga dekade sejak pemerintahan Marcos tumbang, di Filipina justru terjadi fenomena, orang-orang kebal hukum, mengaburkan sejarah, dan politik yang korup.

Dalam sejumlah survei, Marcos Jr unggul dari Robredo. Namun begitu, para pengamat menilai, Robredo punya banyak pendukung yang tidak tergambar dalam survei. Hal itu menimbulkan kekhawatiran, jika pada kenyataannya nanti Marcos Jr kalah.

Baca juga : Hari Ini, Presiden Resmikan Bandara Udara Trunojoyo Di Sumenep

Sebelumnya, pada pilpres 2016, Marcos Jr yang maju sebagai cawapres, kalah, bersaing dengan Robredo. Dia lalu mengajukan gugatan ke pengadilan. Para pengamat menilai, kali ini pun, dia tak akan begitu saja menerima jika Robredo unggul.

Sekitar 67,5 juta orang Filipina yang memenuhi syarat, akan memberikan suara dalam Pilpres hari ini. Jumlah itu termasuk 1,7 juta diaspora Filipina di luar negeri.

Baca juga : Demokrat Geregetan

Tempat pemungutan suara akan dibuka pada pukul 6 pagi waktu setempat, dan tutup pukul 7 malam. Waktu pemungutan suara itu diperpanjang karena pandemi Corona. Tujuannya, untuk menghindari antrean dan keramaian.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.