Dark/Light Mode

Meriahkan Tutup Tahun Kedutaan Singapura Di Tokyo

Pemain Angklung Lansia Jepang Nyanyi Kopi Dangdut & Bengawan Solo

Selasa, 18 Desember 2018 10:21 WIB
Pemain angklung Asia Pacific Ladies Friendship Society menggelar konser mini. (FB Kedubes Singapura-Tokyo)
Pemain angklung Asia Pacific Ladies Friendship Society menggelar konser mini. (FB Kedubes Singapura-Tokyo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bengawan Solo, Tanah Airku hingga Kopi Dangdut menggema dalam acara tutup tahun di Kedutaan Besar Singapura di Tokyo, Jepang, pekan lalu. Sajian lagu Indonesia itu merupakan pertunjukan kelompok angklung dan paduan suara Asia Pacific Ladies Friendship Society (ALFS). Mereka menggelar konser mini.

Uniknya, kelompok ALFS anggotanya terdiri dari para lansia. Beranggotakan sekitar 40 perempuan Jepang. Umurnya berkisar 60-80 tahun. Sejak lima tahun terakhir setiap bulan, mereka berlatih angklung bersama tiga pelatih angklung Jepang, di Kediaman Duta Besar Republik Indonesia, Wisma Duta, Tokyo. Para pelatih: Takae Niiya, R Watanabe dan T Tamura. Ketiganya adalah musisi profesional yang menciptakan cara memainkan angklung dengan mudah bagi para anggotanya. Masing-masing punya angklung sendiri. Yang dipesan khusus dari Indonesia baik untuk keperluan latihan maupun pertunjukan.

Baca juga : Aussie Tetangga, Tapi Bukan Sahabat

Dalam rangka perayaan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang, Juli lalu, kelompok Angklung ALFS ikut memeriahkan acara di Festival Indonesia Hibiya.

Selain itu, paduan suara ALFS, secara rutin mengadakan latihan di kedutaan Singapura di Tokyo, sebagai salah satu kegiatan Special Interest Group (SIG) kelompok ALFS. Selain menyanyikan tembang-tembang tradisional Jepang, juga menyanyikan lagu-lagu Indonesia dan Singapura.

Baca juga : Ngeri, 7 Kuburan Massal Di Wilayah Bekas ISIS

Rencananya, mereka akan kembali tampil di acara kebudayaan di Wisma Duta pada Mei 2019. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.