Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berkunjung Ke Jakarta, Wamenlu Norwegia Bertemu Trenggono Sampai Hadiri Pertemuan ASEAN-Norway

Jumat, 13 Mei 2022 20:14 WIB
Wamenlu Norwegia Henrik Thune (kedua kiri) bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono (ketiga kanan). (Foto: Dok. KKP)
Wamenlu Norwegia Henrik Thune (kedua kiri) bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono (ketiga kanan). (Foto: Dok. KKP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Luar Negeri (State Secretary/Deputy Foreign Minister) Norwegia Henrik Thune melakukan kunjungan resmi selama 2 hari (11-12 Mei 2022) di Jakarta. Ini adalah kunjungan resmi pertama pemerintahan Norwegia setelah 2 tahun pandemi Covid-19 dan juga kunjungan pertama kantor misi Norwegia di Jakarta sejak Oktober tahun lalu.

Dalam kunjungannya, Wamenlu Thune didampingi Dubes Norwegia untuk Indonesia dan Timor Leste Rut Kruger Giverin menghadiri serangkaian pertemuan bilateral dengan menteri dan wakil menteri serta beberapa pejabat kementerian Indonesia. Di antaranya Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra, dan beberapa deputi di Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Marves) dan Kemenko Perekonomian.

Baca juga : Airlangga Hadiri Pengukuhan Profesor Kehormatan Fahmi Idris

Dalam pertemuan dengan Menteri Trenggono, sejumlah agenda dibahas. Di antaranya pengembangan budidaya perikanan modern yang ramah lingkungan, pengelolaan sumber daya alam perikanan berkelanjutan melalui kebijakan penangkapan terukur, teknologi pengawasan berbasis satelit, serta memperluas kawasan konservasi mengatasi permasalahan perubahan iklim.

Selain membawa misi bilateral Norwegia ke Indonesia, Thune juga menyempatkan menghadiri ASEAN-Norway Joint Committee Meeting yang diselenggarakan ASEAN Secretariat. Dalam Joint Committee yang dihadiri perwakilan dari 10 negara-negara di ASEAN ini, Thune didampingi Duta Besar Norwegia untuk ASEAN Kjell Tormod Petterssen. Dalam pertemuan ini, sejumlah hal juga dibahas dengan ASEAN. Di antaranya seputar kelautan, perubahan iklim, energi dan hak asasi manusia.

Baca juga : Menlu Retno Minta Taliban Izinkan Perempuan Sekolah

Selain menghadiri kunjungan bilateral dengan pemerintah Indonesia dan ASEAN, Thune juga hadir sebagai keynote speaker di acara seminar ASEAN-Norway Partnership on Energy and Climate yang diselenggarakan ASEAN Center for Energy bekerja sama dengan Norwegian Institute of International Affairs dan Kementerian Luar Negeri Norwegia, di Jakarta. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.