Dark/Light Mode

Finlandia-Swedia Ngebet Gabung NATO

Moskow Tebar Ancaman

Sabtu, 14 Mei 2022 07:05 WIB
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson (kiri) dan Presiden Finlandia Sauli Niinisto, berjabat tangan setelah menandatangani jaminan keamanan, di Istana Presiden di Helsinki, Finlandia, Rabu (11/5). Inggris telah menandatangani jaminan keamanan dengan Swedia dan tetangganya, Finlandia,  yang ingin bergabung dengan NATO. (Foto Associated Press/Frank Augestein)
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson (kiri) dan Presiden Finlandia Sauli Niinisto, berjabat tangan setelah menandatangani jaminan keamanan, di Istana Presiden di Helsinki, Finlandia, Rabu (11/5). Inggris telah menandatangani jaminan keamanan dengan Swedia dan tetangganya, Finlandia, yang ingin bergabung dengan NATO. (Foto Associated Press/Frank Augestein)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Finlandia menyatakan setuju untuk bergabung dengan NATO. Niat Finlandia kemudian diikuti Swedia. Kedua negara menilai, langkah Rusia di Ukraina jadi latar belakang kedua negara itu ingin bergabung. Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin, mengumumkan bahwa negara mereka harus segera mendaftar untuk menjadi anggota NATO.

“Anda (Rusia) yang menyebabkan ini. Tolong bercermin,” kata Niinisto pekan ini. Kendati demikian, Parlemen Finlandia meminta untuk mempertimbangkan langkah tersebut. Pasalnya, prosesnya akan memakan waktu berbulan-bulan. Bergabungnya kedua negara dengan NATO akan membuat perubahan besar dalam lanskap keamanan Eropa.

Baca juga : Maria Febe, Tenang Ketika Dengar Adzan

Sebelumnya Swedia telah menghindari aliansi militer selama lebih dari 200 tahun. Sementara Finlandia mengadopsi netralitas setelah kekalahannya dari Soviet dalam Perang Dunia II.

Opini publik di kedua negara bergeser secara dramatis mendukung keanggotaan NATO. Itu setelah invasi Rusia, yang menimbulkan ketakutan di negara-negara di sepanjang sisi Rusia. Mereka khawatir negaranya bisa menjadi target berikutnya.

Baca juga : Polandia Vs Swedia: Lewandowski Kontra Ibrahimovic

Sementara, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan, aliansi itu akan menyambut Finlandia dan Swedia dengan tangan terbuka.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.