Dewan Pers

Dark/Light Mode

Diundang Ke KTT G20

Zelensky: Kalau Masih Perang, Saya Cuma Bisa Hadir Online

Jumat, 27 Mei 2022 23:40 WIB
Diundang Ke KTT G20 Zelensky: Kalau Masih Perang, Saya Cuma Bisa Hadir Online

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih atas undangan Presiden Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (KTT G20) di Indonesia. Namun, Zelensky menyampaikan, dirinya tidak bisa secara hadir secara fisik di pertemuan tersebut jika perang terus berlanjut.

Zelensky menyebut dirinya akan bergabung secara virtual jika Indonesia dan negara-negara G20 bisa menerima hal tersebut.

Berita Terkait : Terbang Ke Saudi, Menag Pastikan Layanan Jemaah Haji Siap

"Untuk sementara, saya tinggal bersama rakyat yang membutuhkan dukungan saya," ujar Zelensky, dalam acara Heart to Heart  yang digelar Foreign Policy Community Indonesia (FPCI) secara virtual, Jumat sore (27/5).

Dia menambahkan, pertemuan G20 dapat dijadikan ajang melihat detail situasi demi mencapai solusi dari perang di Ukraina. Dia bilang, dunia harus bersatu. Menggabungkan kekuatan politisi, diplomatik, untuk ekonomi terbesar dunia. Zelensky juga meminta dunia harus bertindak agar Rusia menghentikan agresi mereka di Ukraina.

Berita Terkait : Pendampingan Ketat di Seluruh Balai Ternak, Cegah Penularan PMK pada Hewan

Sebelumnya, Zelensky mengatakan telah berbicara langsung dengan Jokowi untuk membahas undangan itu. Keduanya juga membahas isu lain seperti ketahanan pangan. Selain itu Zelensky juga berterima kasih kepada Jokowi atas dukungannya terhadap kedaulatan wilayah Ukraina.***