Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes China Lu Kang Bersilaturahmi Ke Ponpes Luhur Al Tsaqafah

Sabtu, 4 Juni 2022 07:32 WIB
Dubes Lu Kang (kiri) saat melakukan sesi tanya jawab bareng KH Said Aqil Siroj di Pondok pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Juni 2022.(Dok Kedubes China)
Dubes Lu Kang (kiri) saat melakukan sesi tanya jawab bareng KH Said Aqil Siroj di Pondok pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Juni 2022.(Dok Kedubes China)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia Lu Kang bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis petang (2/6). Kehadiran Dubes Lu Kang disambut pengurus senior ponpes KH Said Aqil Siroj.

Dalam postingan di Twitter, Dubes Lu Kang mengatakan, ia senang berkesempatan berbincang dan bertukar pandangan dengan Said Aqil dan ratusan siswa ponpes mengenai kebudayaan China dan perkembangan Islam di Negeri Tirai Bambu itu.

Baca juga : Dubes Heri Akhmadi Ajak Pengurus NU Silaturahmi Di Negeri Sakura

Saat ngobrol santai selama kurang lebih satu jam ini, Said Aqil menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke negeri yang dipimpin Presiden Xi Jinping itu. Dia mengatakan, Pemerintah China sangat menghormati kepercayaan setiap warganya tanpa terkecuali. Dubes Lu Kang berterima kasih atas paparan Said Aqil.

“Saya merasa dari sambutan Kiai Said Aqil bukan hanya memperlihatkan beliau sebagai seorang yang bersahabat dengan China, melainkan juga seorang yang sangat bijaksana, yang menghormati kenyataan dan fakta,” ujar Lu Kang.

Baca juga : Ngaku Menang, Marcos Jr: Nilai Tindakan Saya, Bukan Leluhur Saya

Dubes Lu Kang menyayangkan ada sebagian pemberitaan di media yang mengatakan bahwa Pemerintah China melakukan pembatasan terhadap muslim di China. “Hal itu sebenarnya tidak benar dan semua itu hoaks,” cetusnya.

Ia menjelaskan, di Xinjiang ada 20 ribu masjid dan setiap 500 orang di Xinjiang memiliki satu masjid. “Jumlah itu persentasenya lebih tinggi daripada negara-negara yang membuat kabar hoaks tentang China. Perlakuan mereka kepada komunitas Muslim juga terbukti lebih buruk dari kami,” sindir Dubes Lu tanpa menyebut negaranya.

Baca juga : Dubes Irlandia Liburan Ke Desa Wisata NTT Bareng Keluarga

Dubes Lu sependapat dengan Said Aqil bahwa dalam urusan internasional, Pemerintah China selalu menjaga hubungan persahabatan dengan negara-negara Islam di dunia. Silaturahmi itu, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara santri dengan Dubes. Kemudian diakhiri dengan penyerahan cenderamata oleh Said Aqil.■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.