Dark/Light Mode

Dubes RI Di Bangkok Temui Ketua Senat, Dukung Keketuaan Thailand Di APEC 2022

Jumat, 17 Juni 2022 07:08 WIB
Pakai Masker: Dubes RI untuk Thailand Rachmat Budiman (kiri) berbincang dengan Ketua Senat Thailand Pornpetch Wichitcholcai, Selasa (14/6), di Gedung Parlemen Thailand, Bangkok.(Foto RM/KBRI Bangkok)
Pakai Masker: Dubes RI untuk Thailand Rachmat Budiman (kiri) berbincang dengan Ketua Senat Thailand Pornpetch Wichitcholcai, Selasa (14/6), di Gedung Parlemen Thailand, Bangkok.(Foto RM/KBRI Bangkok)

 Sebelumnya 
Dubes Rachmat juga mengapresiasi kehadiran Ketua Senat Thailand dalam pertemuan InterParliamentary Union (IPU) ke144 di Denpasar, Bali pada 20-24 Maret lalu. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Senat Thailand telah melakukan pertemuan dengan Ketua DPR Puan Maharani.

Indonesia menyambut sambut baik kerja sama erat antar Parlemen RI dengan Thailand melalui Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI dan Thailand-Indonesia Parliamentarians Friendship Group (TIPFG).

Baca juga : Dubes Negara Islam Dukung Pembentukan Majelis Syuro Dunia, Bamsoet Happy

Menurut Ketua Senat Thailand, Pornpetch Wichitcholcai, hubungan persahabatan antar Parlemen Thailand dengan Indonesia telah terjalin lama. Ini ditandai dengan saling pertukaran kunjungan reguler, hingga berbagi pandangan dan pengalaman dalam berbagai isu yang menjadi perhatian bersama.

Hal-hal lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut juga terkait pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Khususnya di sektor pariwisata, peningkatan kerja sama di bidang sosial dan budaya.

Baca juga : Gelar Mubes V, Pujakesuma Dukung Erick Thohir Maju Di Pilpres 2024

Seiring membaiknya situasi pandemi Covid-19, Pemerintah RI telah memberlakukan relaksasi kebijakan. Antara lain, membebaskan para pelaku perjalanan internasional dari tes PCR, bagi yang sudah vaksinasi lengkap untuk dapat berkunjung ke Indonesia.

Keduanya juga membahas rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) RI dari Jakarta ke Nusantara, dan rencana kunjungan delegasi Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Daerah RI ke Thailand pada 22-26 Juni nanti. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.