Dark/Light Mode

RI Terima Bantuan 2,5 Miliar Euro Untuk Infrastruktur Hijau

Jokowi Dan Presiden Jerman Ngobrol Akrab Di Bogor

Jumat, 17 Juni 2022 08:05 WIB
Presiden Joko Widodo dan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier berjalan bersama sambil berbincang-bincang dan tertawa menuju lokasi acara Penanaman Pohon di Istana
Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/6). (Foto Randy Tri Kurniawan/RM)
Presiden Joko Widodo dan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier berjalan bersama sambil berbincang-bincang dan tertawa menuju lokasi acara Penanaman Pohon di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/6). (Foto Randy Tri Kurniawan/RM)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan kalau pertemuan kedua negara berlangsung produktif dan bersahabat. Jokowi juga mengatakan, mereka fokus membahas sejumlah kerja sama. Yang pertama, kerja sama di industri 4.0. Khususnya percepatan pengembangan SDM. Selain itu, katanya, Indonesia akan jadi Partner Country Hannover Messe Tahun 2023.

Kedua, kata Jokowi, peningkatan investasi Jerman di industri berteknologi tinggi. Antara lain, investasi sektor kendaraan listrik dari hulu sampai hilir. Dia juga mengajak industri Jerman mengembangkan pabrik semi konduktor di Indonesia.

Baca juga : PUPR Habiskan Rp 357 Miliar Bangun Infrastruktur Sekitar Borobudur

“Serta menjadikan industri ini bagian dari rantai pasok chip global dan untuk berinvestasi di kawasan-kawasan industri hijau di Indonesia,” ujarnya.

Ketiga, Jokowi juga menekankan soal penguatan kerja sama perubahan iklim. Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan apresiasi dukungan Jerman dalam pembangunan Green Infrastructure Initiative senilai 2,5 miliar Euro (sekitar Rp 38 triliun), pembangunan Pusat Mangrove Dunia (World Mangrove Center) yang diresmikan Jumat, (10/6). Dan, integrasi transmisi hijau di Sulawesi Utara.

Baca juga : Manfaatkan Limbah Batubara Untuk Bangun Infrastruktur, Menteri BUMN Puji PLN

Keduanya juga membahas perang yang antara Rusia dan Ukraina. Jokowi mengatakan, Indonesia terus berupaya agar tercipta perdamaian bagi seluruh negara di dunia. Indonesia, kata Jokowi, akan terus memperkuat kerja sama kepada seluruh negara dengan prinsip-prinsip dan hukum internasional.

Selain bertemu Presiden Jokowi, Steinmeier juga akan melakukan kunjungan ke sejumlah tempat di Tanah Air, dalam kunjungannya pada 15-17 Juni ini. Antara lain berziarah ke makam Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta. Selanjutnya, Steinmeier juga akan mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Selain itu, Steinmeier akan bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Sri Sultan Yogyakarta Hamengku Buwono X.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.