Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Naik Sampai Stupa Paling Atas

Presiden Jerman Nikmati Tur Ke Candi Borobudur...

Sabtu, 18 Juni 2022 06:35 WIB
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier (tengah) menyusuri kompleks Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Jumat 17 Juni 2022. (Foto : Bernd von Jutrczenka/Getty Images via detiknews).
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier (tengah) menyusuri kompleks Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Jumat 17 Juni 2022. (Foto : Bernd von Jutrczenka/Getty Images via detiknews).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, kemarin, berkunjung ke Candi Borobudur. Ia gembira melihat perkembangan positif pengembangan tempat wisata tersebut.

Steinmeier sudah beberapa kali datang ke Indonesia, tetapi baru pertama kali ke Candi Borobudur. Kunjungan ini salah satunya meninjau program ko­laborasi antara Indonesia dan Jerman. Untuk diketahui, Negeri Panzer itu telah memberikan bantuan peralatan untuk mem­buat mortar dan monitoring drai­nase Candi Borobudur.

Dilansir detikJateng, rom­bongan Presiden Jerman tiba di kompleks Candi Borobudur, pu­kul 09.47 WIB. Rombongan kali pertama menuju Kantor Balai Konservasi Borobudur (BKB).

Baca juga : Terima Kunjungan Presiden Jerman, UGM Mantapkan Kerja Sama Pendidikan

Rombongan diterima Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen, Dirjen Kebudayaan Ke­mendikbud Ristek Hilmar Farid, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi serta beberapa pejabat.

Di kantor BKB, Presiden Stein­meier melihat langsung laboratori­um fisik serta meninjau ruangan ar­sip Memory of the World (MOW). Di mana Pemerintah Jerman berperan memberikan bantuan tenaga ahli (expert) pengelolaan arsip pemugaran Candi Borobudur sampai akhirnya mendapatkan status sebagai ‘Ingatan Dunia’ atau Memory of the World.

Hilmar Farid mengatakan, Candi Borobudur direstorasi selama 10 tahun oleh para ahli Indonesia dengan menggunakan teknologi komputer tahun 1973, dengan membongkar seluruh batu. Kemudian diperkuat struk­turnya, selanjutnya disusun kem­bali. Menariknya, setiap batu candi ini ada pasangannya, tidak hanya sekadar menata batu sehingga betul-betul mahakarya.

Baca juga : Ganjar Kawal Aturan Ritual Ibadah Di Candi Borobudur

“Beliau sangat terkesan dengan proses restorasi candi ini,” kata Hilmar Farid di Magelang dilansir Antara, Jumat (17/6).

“Beliau sangat menikmati. Be­liau sangat mengapresiasi apa yang dilakukan BKB,” imbuhnya.

“Presiden Jerman juga asyik mendengarkan cerita dari teman-teman BKB tentang makna dari relief-relief di dinding candi, yakni mengenai perjalanan Bud­dha Gautama,” tuturnya.

Baca juga : Luhut Supermen (Super Menteri)

Menurut Hilmar, secara umum kunjungan berjalan lancar dan baik. Steinmeier puas. Dia juga dikenalkan dengan sandal upanat sebagai perlengkapan naik ke atas candi dalam upaya konservasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.