Dark/Light Mode

Naik Sampai Stupa Paling Atas

Presiden Jerman Nikmati Tur Ke Candi Borobudur...

Sabtu, 18 Juni 2022 06:35 WIB
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier (tengah) menyusuri kompleks Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Jumat 17 Juni 2022. (Foto : Bernd von Jutrczenka/Getty Images via detiknews).
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier (tengah) menyusuri kompleks Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Jumat 17 Juni 2022. (Foto : Bernd von Jutrczenka/Getty Images via detiknews).

 Sebelumnya 
Tetapi karena waktu terbatas, Steinmeier tidak sempat mem­buka sepatu. Jadi beliau hanya membawa pulang sandal tersebut. Tetapi pesannya sudah sampai bahwa sandal salah satu inisiatif untuk menjaga kelestarian candi.

Pada kunjungan ini, Stein­meier melihat secara langsung stupa hingga ke lantai paling atas atau stupa induk (Arupadhatu).

Baca juga : Terima Kunjungan Presiden Jerman, UGM Mantapkan Kerja Sama Pendidikan

Untuk diketahui, Candi Borobudur bukan sembarang ban­gunan. Berikut makna tingka­tan dalam Candi Borobudur: Zona 1: Kamadhatu (alam dunia yang terlihat dan sedang dialami oleh manusia sekarang).Kamadhatu terdiri dari 160 relief yang menjelaskan Karmawib­hangga Sutra, yaitu hukum sebab akibat. Menggambarkan mengenai sifat dan nafsu ma­nusia, seperti merampok, membunuh, memperkosa, penyiksaan, dan fitnah.

Zona 2: Rupadhatu (alam peralihan, dimana manusia telah dibebaskan dari urusan dunia).

Baca juga : Ganjar Kawal Aturan Ritual Ibadah Di Candi Borobudur

Rapadhatu terdiri dari galeri ukiran relief batu dan patung Buddha. Secara keseluruhan ada 328 patung Buddha yang juga memi­liki hiasan relief pada ukirannya.

Menurut manuskrip Sansekerta pada bagian ini terdiri dari 1.300 relief yang berupa Gandhawyuha, Lalitawistara, Jataka dan Awadana. Seluruh­nya membentang sejauh 2,5 km dengan 1.212 panel.

Baca juga : Luhut Supermen (Super Menteri)

Zona 3: Arupadhatu (alam tertinggi, rumah Tuhan). Tiga serambi berbentuk lingkaran mengarah ke kubah di bagian pusat atau stupa yang meng­gambarkan kebangkitan dari dunia. Pada bagian ini tidak ada ornamen maupun hiasan, yang berarti menggambarkan kemur­nian tertinggi.

Presiden Jerman ke Indonesia setelah mengunjungi Singapura. Ia di Tanah Air pada 15-17 Juni kemarin. Selain bertemu Presiden Joko Widodo, Presiden Stein­meier juga berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Yogya, ia berkunjung ke Universitas Gadjah Mada (UGM), Keraton Yogyakarta dan Jogja National Museum (JNM).Presiden Stein­meier terbang kembali ke Berlin, Jerman, melalui Bandara Yo­gyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, kemarin sore. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.