Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Duta Besar Indonesia, Untuk China Djauhari Oratmangun

Gelar Gala Dinner Promosikan Indonesia Timur

Rabu, 19 Desember 2018 15:28 WIB
Dubes Djauhari Oratmangun (kiri) mengajak Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) berkeliling
venue acara Indonesia Day, pekan lalu. (Foto: Istimewa)
Dubes Djauhari Oratmangun (kiri) mengajak Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) berkeliling venue acara Indonesia Day, pekan lalu. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing, China, mempromosikan Indonesia di segala kesempatan. Kali ini, Indonesia Day dimanfaatkan untuk memperkenalkan keindahan Indonesia timur. Temanya ‘Cultural Night Gala Dinner: Journey to Hidden Paradise'. Acara digelar akhir pekan lalu di Imperium Ballroom Hotel Four Seasons Beijing. Area foyer hotel dipercantik dengan keindahan kain tenun Indonesia Timur dan lukisan karya Sih Elsiwi Handayani Oratmangun. 

Pajangan alat musik sasando dan demo menenun kain Tanimbar oleh Mama Elfrada menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Begitu juga stan beragam produk Indonesia, promosi Wonderful Indonesia serta Garuda Indonesia juga menarik minat para tamu. Melalui kegiatan ini, berbagai kalangan masyarakat China diharapkan dapat lebih mengenal potensi pariwisata dan ekonomi wilayah Timur Indonesia. 

Baca juga : Ajak WNI Kumpul Di Cafe Nusantara Rwanda

“Tak kenal, maka tak sayang. Dengan pemahaman yang diperkuat melalui people to people contact, Indonesia dan China akan mendapatkan manfaat dari eratnya persahabatan kedua negara, ”kata Duta Besar Indonesia untuk China merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun dalam sambutan pembukaannya. 

Lebih dari 250 undangan hadir dalam Gala Dinner tersebut. Mereka adalah para dubes dan korps diplomatik negara sahabat, media, tour operator, hingga travel agent. Sebagai tamu kehormatan, ada Menteri Pariwisata Arief Yahya. Hadir pula Ketua Pokja Bidang Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Hiramsyah SThaib. 

Baca juga : Aroma Kopi Nusantara Semarakkan Somerset House London

“Indonesia tidak hanya memiliki satu surga Bali. Namun memiliki banyak tujuan kunjungan wisata yang menakjubkan lainnya, yaitu 10 Bali Baru, ”kata Menpar Arief Yahya.  Dia mengajak industri pariwisata Indonesia-China, dapat bekerja sama mendorong peningkatan turis dari Negeri Tirai Bambu ke Indonesia. 

Sambil menikmati kelezatan sajian masakan khas Indonesia, para tamu juga dihibur musik instrumental Sasando yang dibawakan Yandres Leka, mu¬sisi asal NTT. Tari Lenso dari Maluku, taritarian dari NTT, Papua, dan tari Nusantara dibawakan tim penari dari Kemenpar, Kemendikbud dan tim tari mahasiswa di Beijing memukau para hadirin. 

Baca juga : Digebuk Thailand, Indonesia Melorot

Di sela-sela pertunjukan seni budaya, Dubes Djauhari Oratmangun menyerahkan penghargaan Prima Duta Award kepada tiga perusahaan China yang konsisten mendukung penjualan dan promosi produk-produk Indonesia di China. Yaitu, Shanghai Youyijia Food Trading Co Ltd, United Harvest China Co Ltd dan QIngdao CooGreen Co Ltd. 

Menjelang berakhirnya acara, diputar pula trailer film ‘Boundless Love’ produksi National Energy Resource Group, hasil kolaborasi insan perfilman kedua negara. Film tersebut menceritakan kisah cinta pria China, karyawan National Energy Resource Group yang bekerja di Palembang, dengan wanita Indonesia berdarah Batak.  Menutup kemeriahan acara, Tari Maumere ditarikan bersama seluruh pengisi acara dan para tamu undangan. [DAY]  
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.