Dark/Light Mode

Perangi Korupsi, Xi Jinping Awasi Bisnis Pejabat Dan Keluarganya

Senin, 20 Juni 2022 21:42 WIB
Presiden China Xi Jinping (Foto AFP/Noel Celis)
Presiden China Xi Jinping (Foto AFP/Noel Celis)

 Sebelumnya 
Ini merupakan kebijakan terkini yang disetujui Presiden Xi yang terus berupaya memerangi korupsi di negaranya. Dia sebelumnya menyebut bahwa upaya menghapuskan tindak korupsi secara menyeluruh di Negeri Tirai Bambu bukan langkah mudah. Namun, Xi bersumpah akan bertindak tegas terhadap pelaku rasuah.

“Perjuangan melawan korupsi ini sangat rumit dan sangat sulit. Bahaya korupsi tidak dapat diremehkan,” kata Xi seperti dikutip dari pernyataan CCTV, Minggu.

Baca juga : Abrasi Di Minahasa Selatan, Belasan Rumah Dan 1 Jembatan Amblas

Dalam sesi studi Komite Pusat Partai Komunis, Jumat (17/6), Xi berjanji tidak akan mentoleransi tindakan korupsi. Ia juga meminta para pejabat pemerintahannya untuk ikut mengawasi anggota keluarga dan kerabatnya.

Keluarga besar kader PKC telah menjadi sasaran pertempuran utama dalam perang melawan korupsi oleh Xi, yang telah menghukum ribuan pejabat sejak ia berkuasa pada akhir 2012.

Baca juga : Pejabatnya Kapan Jadi Tersangka

Seperti diketahui, China telah mencatatkan sejumlah kasus korupsi yang menyeret direksi di sejumlah perusahaan finansial. Salah satu kasus korupsi terbesar dari kader PKC adalah yang melibatkan Lai Xiaomin. Lai telah dieksekusi mati pada Januari 2021 setelah menerima suap 1,8 miliar yuan atau sekitar Rp 4 triliun. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.