Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kuliner Nusantara Goyang Lidah Pengunjung Festival Beyoglu Istanbul Turki

Selasa, 21 Juni 2022 19:26 WIB
Pengunjung Festival Beyoglu International Flavours menyerbu stand Indonesia untuk mencicipi makanan Indonesia, di Istanbul, Turki. (Foto RM/KJRI Istanbul)
Pengunjung Festival Beyoglu International Flavours menyerbu stand Indonesia untuk mencicipi makanan Indonesia, di Istanbul, Turki. (Foto RM/KJRI Istanbul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah sukses dengan Festival Pasar Senggol Istanbul awal Juni 2022, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul kembali mempromosikan kuliner Indonesia di Festival Beyoglu International Flavours. 

Hajatan kulineran itu diselenggarakan Pemkot Beyoglu digelar selama lima hari, 15-19 Juni 2022 di pusat wisata terkini dan terkemuka, Galataport, Istanbul, Turki.

Acara demo memasak Soto Indonesia di Festival Beyoglu International Flavours. (Foto RM/ KJRI Istanbul

Baca juga : Gus Halim: Pancasila Jadi Inspirasi Pembangunan Desa Berkelanjutan

Selain Indonesia, sebanyak 13 Konsulat Jenderal perwakilan asing lainnya di Istanbul serta pelaku usaha kuliner Turki turut memeriahkan festival gastronomi internasional tersebut. Seperti Azerbeijan, Brazil, Libya, Malaysia, Maroko, Mesir, Mexico, hingga Tunisia.

Stand kuliner Indonesia dipadati pengunjung Festival Beyoglu International Flavours. (Foto RM/KJRI Istanbul) 

Pada Festival Beyoglu, KJRI Istanbul menggandeng 12 pelaku usaha kuliner Indonesia di Istanbul yang tergabung dalam Komunitas Ekonomi Diaspora Indonesia (KEDI) Istanbul. Kehadiran mereka, tidak hanya berorientasi memperkenalkan kuliner Nusantara namun juga melakukan promosi ekonomi ragam kuliner otentik Indonesia.

Aneka soto, rendang, pempek dan masih banyak lagi dari ragam kuliner Indonesia, sukses menggoyang lidah para pengunjung festival. Mereka memborong makanan khas Indonesia. Pembelinya tidak hanya masyarakat Indonesia melainkan warga negara non Indonesia.

Baca juga : Zulhas Minta Firli Bahuri Dorong Penghapusan Presidential Threshold 20 Persen

“Hal ini sejalan dengan tujuan awal diluncurkannya KEDI yaitu mensinergikan kegiatan ekonomi pelaku usaha kecil dan menengah diaspora Indonesia di Kawasan Marmara untuk mempromosikan produk-produk UMKM otentik Indonesia di berbagai bidang,” kata Konsul Jenderal RI di Istanbul, Imam As’ari dalam keterangan resmi KJRI Istanbul, Selasa (21/6).

Pertunjukan tari Bali ramai penonton di Festival Beyoglu International Flavours. (Foto RM/KJRI Istanbul) 

Tak hanya meriahkan Festival Beyoglu dengan penjualan produk kuliner, Indonesia juga marakkan panggung Festival dengan demo memasak Soto Indonesia oleh Chef Wisma KJRI Istanbul, Chef Viki dan Chef restoran Rumah Kita di Istanbul, Chef Selamet.

Baca juga : Pemerintah Perkuat Capaian Pengurangan Emisi Melalui Blue Carbon

Tak ketinggalan pagelaran seni budaya Indonesia seperti tari-tari Bali oleh Sanggar Jegeg Bali, Pencak Silat dan tari Tor-Tor penampilan Pusbin KJRI Istanbul dan GISBI. Serta pertunjukan musik angklung Dharma Wanita Persatuan KJRI Istanbul.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.