Dark/Light Mode

Gus Halim: Pancasila Jadi Inspirasi Pembangunan Desa Berkelanjutan

Rabu, 1 Juni 2022 14:23 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara daring, di kediamannya, Rabu (1/6). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara daring, di kediamannya, Rabu (1/6). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan, Pancasila menjadi inspirasi pembangunan desa berkelanjutan di Indonesia. Dengan filosofi Pancasila, pembangunan desa harus bertitik tolak dari fakta kebhinnekaan dan budaya asli desa.

"Sebagai sebuah ideologi dalam bernegara, Pancasila harus menjadi jiwa pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Sebagai dasar negara, Pancasila harus menjadi pondasi semua aktivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa," ujar Abdul Halim Iskandar, di kediamannya, setelah mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara daring, yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (1/6).

Baca juga : DPR RI Bakal Perjuangkan Peningkatan Anggaran Kemendes PDTT

"Nilai-nilai filosofis Pancasila harus menginspirasi pembangunan desa yang berdasar pada fakta kebhinekaan serta keragaman budaya lokal desa. Selamat Hari Lahir Pancasila," imbuhnya.

Menurut Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar, fakta masyarakat Indonesia yang majemuk dari beragam suku, budaya dan agama, serta nilai toleransi sesama umat beragama, budaya gotong royong yang tinggi pada masyarakat harus menjadi ruh dalam pembangunan desa.

Baca juga : Gus Halim Perjuangkan Satu Desa Satu Perawat

Dengan demikian pembangunan desa mesti diletakkan sebagai usaha menerapkan nilai-nilai Pancasila seutuhnya.

"Desa merupakan episentrum bangsa untuk memperkuat ideologi Pancasila. Desa-desa harus menjadi sabuk pengaman Pancasila. Ini harus tercermin dalam konteks pembangunan desa. Saya tegaskan nilai-nilai Pancasila harus menjadi lentera dalam pembangunan dan pemberdayaan desa yang berkelanjutan," tuturnya.

Baca juga : Gus Halim: Selamat Jalan Buya Syafii Maarif, Guru Bangsa dan Pembimbing Kita Semua

Dalam kesempatan tersebut, Gus Halim juga memaparkan keterikatan SDGs Desa sebagai arah kebijakan pembangunan desa dengan Pancasila.

Menurutnya, tujuan-tujuan yang terkandung dalam SDGs Desa menjadi pagar pengaman bagi keberlanjutan pembangunan desa hingga generasi mendatang, tanpa mengingkari asas rekognisi dan kewenangan skala lokal desa atau subsidiaritas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.