Dark/Light Mode

Cegah Dekade Pembangunan Yang Hilang

Jokowi Kasih 3 Solusi, Salah Satunya, Suara Negara Berkembang Harus Didengar

Jumat, 24 Juni 2022 22:57 WIB
Presiden Jokowi saat berpidato dalam Side Event KTT BRICS High Level Dialogue on Global Development dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/6). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi saat berpidato dalam Side Event KTT BRICS High Level Dialogue on Global Development dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/6). (Foto: YouTube)

 Sebelumnya 
Kesenjangan ini harus ditutup. BRICS sebagai forum negara-negara ekonomi baru yang dihuni Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, bisa memainkan peran sebagai katalis munculnya inovasi pendanaan tersebut.

"Pendanaan inovatif harus dimajukan, terutama peranan sektor swasta harus diperkuat. BRICS harus dapat menjadi katalis bagi penguatan investasi di negara-negara berkembang," katanya.

Baca juga : Jokowi Diapit Mega Dan Surya Paloh, Berhadapan Dengan Prabowo

Jokosi berharap, global development inisiatitives (GDI) dapat menjadi katalis pencapaian SdGs. Dia pun mendorong penyelarasan GDI dengan Asian Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). Dalam konteks ini, elemen pencapaian SDGs menjadi salah satu ruh dan prioritas kerja sama tersebut.

Ketiga, sumber-sumber pertumbuhan baru harus diperkuat.

Baca juga : Peringati Hari Perempuan Internasional, Kesetaraan Gender Terus Diperjuangkan

"Kerja sama yang dilakukan BRICS bersama negara-negara mitra, harus disertai dukungan untuk transformasi digital yang inklusif, pengembangan green industry dan green infrastructure, serta penguatan akses negara-negara berkembang dalam rantai suplai global," beber Jokowi.

"Sebagai penutup, saya mengajak kita semua untuk bekerja sama. Recover together, recover stronger," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.