Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Seriusi Pembangunan Ibu Kota Baru

Jokowi Akan Berkemah, Tendanya Kayak Gimana...

Jumat, 4 Februari 2022 08:41 WIB
Presiden Jokowi melakukan kegiatan penanaman pohon bersama masyarakat di Humbang Hasundutan, Sumut, Kamis (03/02/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev).
Presiden Jokowi melakukan kegiatan penanaman pohon bersama masyarakat di Humbang Hasundutan, Sumut, Kamis (03/02/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi terus menunjukkan keseriusannya membangun Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, di Kalimantan Timur. Terbaru, Jokowi berencana akan berkemah di titik nol IKN.

Rencana Jokowi ini langsung heboh di jagat maya. Ada yang memuji, ada juga yang penasaran, seperti apa gaya Jokowi berkemah nanti. Tidurnya kaya apa, makannya kaya apa, tendanya kaya apa.

Sebenarnya, rencana ini tak langsung disampaikan Jokowi, tapi dikabarkan oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor. Kabar itu didapat Isran saat dirinya diajak ngobrol oleh Jokowi di ruang VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kaltim. Tepatnya, saat Jokowi akan menghadiri pelantikan pengurus PBNU, di Balikpapan Sport Center and Convention Dome, Senin (31/1).

Baca juga : KSP: Pemindahan IKN Bukti Kita Mampu Wujudkan Perubahan

“Saat itu, hanya ada saya dan Pak Pratikno (Mensesneg) di ruang VIP. Pak Jokowi bilang ingin berkemah di titik nol IKN,” kata Isran membeberkan rencana Jokowi ini, saat menghadiri acara Silaturahmi Bersama HM Sa’bani dan H Fathul Halim di Pendopo Odah Etam, Samarinda, Rabu (2/1).

Namun, kapan rencana Jokowi berkemah itu akan dilakukan, Isran mengaku belum tahu. Yang pasti, dia menduga rencana itu akan dilakukan dalam waktu dekat. “Waktunya masih diatur. Tapi, tidak lama lagi,” bebernya.

Menurutnya, rencana tersebut merupakan bentuk keseriusan Jokowi dalam mewujudkan pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan. Selain berkemah, lanjut dia, Jokowi akan memanfaatkan momentum tersebut untuk bertemu para tokoh adat di Kaltim. Mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis, dan Jawa.

Baca juga : Basuki: Belum Dimulai, Anggarannya Belum Ada

“Saat itu juga akan ditampilkan karya seni budaya dari beragam suku di Kaltim, dan ditutup doa bersama demi kelancaran pemindahan IKN Nusantara,” jelas eks Bupati Kutai Timur, mengungkap rencana agenda acaranya.

Nantinya, anggaran untuk kemah Jokowi, bakal ditanggung oleh Sekretaris Negara. Sementara pengaturan lokasinya akan ditentukan oleh Kementerian Pembangunan Perumahan Rakyat (PUPR), TNI dan Polri.

Apa itu titik nol IKN? Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menjelaskan, titik nol IKN Nusantara hanya sebagai referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan laut. Nantinya, Istana Negara di IKN Nusantara akan dibangun di daerah yang sedikit lebih tinggi dengan sayap sebelah kanan dibangun gedung DPR dan MPR. Serta bagian yudikatif di sayap sebelah kiri.

Baca juga : Jokowi: Tidak Ada Kotak Khusus Di APBN

“Titik nol itu bukan berarti di situ kita akan mulai. Istana memang bukan di titik nol, tapi agak ke atas,” kata Suharso dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR, kemarin.

Menanggapi rencana ini, anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno memuji rencana Jokowi yang akan berkemah di kawasan IKN baru. Menurutnya, itu komitmen manajerial yang disampaikan secara simbolik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.