Dark/Light Mode

Arab Saudi Kini Makin Moderat

Ceweknya Tak Berjilbab, Demam Rambut Pendek

Sabtu, 25 Juni 2022 08:05 WIB
Manahel Otaibi memeriksa teleponnya saat berjalan dengan pakaian tanpa jilbab dan abaya di Tahlia Street, Riyadh, Arab Saudi, pada 2 September 2019. (Fayez Nureldine/AFP)
Manahel Otaibi memeriksa teleponnya saat berjalan dengan pakaian tanpa jilbab dan abaya di Tahlia Street, Riyadh, Arab Saudi, pada 2 September 2019. (Fayez Nureldine/AFP)

 Sebelumnya 
Tren rambut pendek ini merupakan satu dari sekian banyak dampak reformasi sosial yang didorong Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), yang juga penguasa defacto Arab Saudi, dalam Visi 2030 yang ia umumkan pada 2017.

Pihak yang paling merasakan perubahan besar kebijakan Pemerintah Saudi adalah kaum wanita. Reformasi sosial MBS banyak menelurkan kebijakan yang memberikan para perempuan keleluasaan bergerak lebih dari sebelumnya.

Baca juga : Lama Dicekal, Kini Marcos Jr Bakal Disambut Paman Sam

Pemerintah Saudi juga memperbolehkan perempuan mendaftar ke Angkatan Bersenjata. Mereka yang telah berusia 21 hingga 40 tahun diperkenankan untuk mendaftarkan diri jadi angkatan militer. Aturan ini telah disahkan Arab Saudi sejak Februari 2021.

Saudi juga memperkenankan perempuan bepergian dan hidup sendiri tanpa wali. Dikutip dari The Nationals, Kebijakan yang sebelumnya diatur dalam pasal 169 ini kini dihapus dari Hukum Acara Arab Saudi.

Baca juga : Taman Margasatwa Ragunan Bersiap Sambut Pengunjung

Dalam undang-undang yang telah direvisi, disebutkan bahwa wali dari perempuan hanya bisa melaporkan apabila mereka mendapati perempuan tersebut melakukan kejahatan. Selain itu, bagi wanita yang telah dibebaskan dari penjara, tidak akan lagi diserahkan kepada walinya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.