Dark/Light Mode

KBRI Sofia Fasilitasi Penandatanganan MoU Suplai Tenaga Kerja Ke Bulgaria

Sabtu, 25 Juni 2022 07:05 WIB
Penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama suplai tenaga kerja sektor perhotelan dan pariwisata di Bulgaria antara Emona, Ltd dan PT Bali Duta Mandiri (BDM).(Foto KBRI Sofia)
Penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama suplai tenaga kerja sektor perhotelan dan pariwisata di Bulgaria antara Emona, Ltd dan PT Bali Duta Mandiri (BDM).(Foto KBRI Sofia)

 Sebelumnya 
Dalam kunjungan itu, Dubes Iwan juga menyaksikan secara langsung Chief Executive Officer (CEO) Vaya Beach Resort Ivan Ivanov meneken Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama suplai tenaga kerja sektor perhotelan dan pariwisata di Bulgaria antara Emona, Ltd dan PT Bali Duta Mandiri (BDM).

Selanjutnya, secara virtual, Senin, 20 Juni 2022 Direktur Utama PT BDM, Dr I Nyoman Gede Astina yang berada di Bali, menekan MoU antara PT BDM dengan Emona, Ltd. Acara penandatanganan itu dihadiri Rektor Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBIntl), Dr I Made Sudjana beserta jajarannya.

Baca juga : Gaet ICDX & ICH, CIMB Niaga Fasilitasi Perdagangan Fisik Emas Secara Digital

Sementara dari Bulgaria, acara penandatanganan disaksikan Kepala Kanselerai KBRI Sofia Murdi Primbani, First Secretary Ekonomi KBRI SofiaBahana Menggala Bara, dan Founder/CEO Vaya Beach Resort Ivan Ivanov serta General Manager Vaya Beach Resort Mihail Banov.

Dalam keterangan resmi KBRI Sofia, MoU tersebut menghasilkan kesepakatan antara kedua belah pihak untuk membuka peluang pengiriman tenaga profesional di bidang pariwisata. Seperti tenaga spa (therapist), food production, chef, housekeeping, dan tenaga perhotelan lainnya untuk Vaya Resort Bulgaria.

Baca juga : KSP: Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Tegaskan Pandemi Belum Selesai

Menurut Dubes Iwan Bogananta, penandatanganan MoU tersebut adalah salah satu upaya membuka lapangan kerja bagi WNI pasca pandemi.

“Dengan adanya MoU kerja sama tenaga kerja, kami berharap akan kembali menggairahkan para expertise dan pekerja dunia pariwisata Indonesia untuk mencoba tantangan baru di Bulgaria dan negara kawasan Balkan,” kata Iwan. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.