Dark/Light Mode

Soal Pesan Zelensky Kepada Putin

Nggak Produktif Ributin Upaya Diplomasi Jokowi

Selasa, 5 Juli 2022 21:47 WIB
Presiden Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr
Zelensky ketika bertemu 29 Juni lalu, di Ibu Kota Ukraina, Kiev. (Foto Ist)
Presiden Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ketika bertemu 29 Juni lalu, di Ibu Kota Ukraina, Kiev. (Foto Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembahasan mengenai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa dia membawa pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk Presiden Rusia Vladimir Putin, masih ramai dibahas.

Jokowi ke Ukraina pada 29 Juni lalu. Namun, pihak Kepresidenan Ukraina malah membantah bahwa Zelensky menitipkan pesan langsung untuk Putin melalui Presiden Jokowi.

Baca juga : Shayne Pattynama Nggak Sabar Main Bersama Timnas

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin juga angkat suara, mengenai alasan pihak Kepresidenan Ukraina meluruskan maksud Jokowi tersebut. Dalam jumpa pers virtual, Selasa (5/7), Dubes Hamianin menyebut, masalahnya hanya kesalahan informasi dan pemahaman soal menyampaikan pesan tersebut.

“Ada isu yang sangat menarik dan mengejutkan bagi pihak kami. Saya mencoba menjelaskan ini kepada semua orang terkait pesan Ukraina ke Rusia yang disampaikan Presiden Indonesia,” ujar Dubes Hamianin.

Baca juga : Unit Pelaksana Teknis Kementan Siap Produksi Vaksin PMK

Dia mengatakan, tidak ada pesan tertulis atau verbal yang sengaja dititipkan dari Presiden Zelensky untuk Putin lewat Jokowi.

“Setelah saya melakukan pembicaraan, ternyata antara Presiden (Ukraina Indonesia) mereka bertukar pandangan dan kedua belah pihak saling memahami. Lalu pesan itu diterima Presiden Indonesia,” jelas Hamianin.

Baca juga : Skuad Macan Kemayoran Muda Nggak Sabar Dilatih Thomas Doll

“Jadi tidak ada pesan tulisan ataupun pesan langsung seperti yang dikatakan atau yang dipahami media,” lanjutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.