Dark/Light Mode

Jawab Kerisauan Putri Anwar

Mahathir Mau Seleksi Politisi Kutu Loncat...

Kamis, 20 Desember 2018 09:37 WIB
Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad (Foto: IG @chedetofficial)
Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad (Foto: IG @chedetofficial)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad seperti menjawab kerisauan Nurul Izzah, putri Anwar Ibrahim, atas maraknya politisi kutu loncat. Mahathir berjanji akan melakukan seleksi.

Dua hari lalu, Izzah (38) mengumumkan melepas jabatan sebagai Wakil Presiden Partai Keadilan yang didirikan ayah¬nya, Anwar Ibrahim. Keputusan Izzah yang mengejutkan diduga karena situasi terkini di kubu penguasa, Koalisi Pakatan Harapan dan juga PKRyang mengecewakannya. 

Seperti di beritakan Rakyat Merdeka Top World News edisi 19 Desember 2018, Izzah ditengarai kecewa, marak kutu loncat politisi Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) ke Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM), yang diketuai Perdana Menteri Mahathir Mohamad. PPBM anggota Koalisi Pakatan Harapan. Sedangkan UMNO pernah berkuasa enam dekade, tumbang dalam pemilu 9 Mei lalu.

“PPBM akan melakukan seleksi dan otomatis akan menolak mereka yang ketahuan memiliki catatan kriminal, korupsi, suap dan atau sebagai politisi pendukung Najib Razak,” terang Mahathir di Kuala Lumpur, kemarin.

“Kita hanya akan menerima mereka yang tidak menunjukkan rasa fanatik kepada Najib. Banyak dari mereka yang mengutuk dan mengejek Pakatan Harapan dan saya. Mereka ini tidak akan diterima,” tegas pria yang disapa Dr M, dilansir media online CNA.

Mahathir akan mengutamakan penelusuran rekam jejak para politisi itu. Dia berpendapat, jika politisi UMNO yang jujur bisa bergabung dalam Pakatan Harapan, ke depannya koalisi akan lebih solid. Mahathir masih melihat solidnya dukungan rakyat terhadap UMNO.

Mahathir juga punya syarat. Setelah keluar UMNO, harus menjadi politisi independen untuk beberapa waktu. Masa ini harus dipakai untuk menunjukkan keseriusan mendukung pemerintahan dan PH. Tidak hanya itu, politisi ini juga tidak akan dicalonkan dalam pilkada satu periode.

Beberapa bulan belakangan, situasi di tubuh UMNO tengah kacau. Beberapa tokoh belum satu suara mengenai pengganti Najib sebagai pemimpin utama. Alhasil, banyak politisi UMNO yang hengkang. [MEL/DAY]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.