Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Duta Besar Inggris Untuk Indonesia Owen Jenkins

Dorong WNI Manfaatkan Visa High Potential Individual

Rabu, 8 Juni 2022 07:35 WIB
Duta Besar Inggris Owen Jenkins. (Foto Dok Kedubes Inggris Jakarta)
Duta Besar Inggris Owen Jenkins. (Foto Dok Kedubes Inggris Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Inggris memberi kesempatan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang pernah menempuh pendidikan di 50 kampus top dunia dalam lima tahun terakhir untuk mencari pekerjaan dan tinggal di Inggris dengan membawa keluarga.

Dengan menggunakan visa khusus, Visa High Potential Individual (HPI) memberi seseorang izin untuk tinggal di Inggris selama minimal dua tahun atau tiga tahun, jika orang tersebut memiliki kualifikasi PhD atau doktoral.

Visa khusus itu telah berlaku mulai 30 Mei 2022. Dengan visa HPI tersebut, setiap individu bisa bekerja, mencari pekerjaan, menjadi wiraswastawan, melakukan pekerjaan sukarela, membawa pasangan dan anakanaknya, dan bepergian ke luar negeri serta kembali ke Inggris.

Namun Kedubes Inggris menekankan bahwa para pendaftar visa HPI harus memiliki kualifikasi gelar pendidikan dari 50 universitas top dunia non-Inggris dalam lima tahun terakhir.

Baca juga : Pesan 500 Tiket Dukung Timnas Di Piala Asia

Pemeringkatan yang digunakan untuk menentukan 50 universitas teratas itu adalah The Times Education World University Rankings, Quacquarelli Symonds World University Rankings dan Academic Ranking of World Universities.

Universitas Inggris dikecualikan karena lulusan Inggris sudah dapat tinggal di Inggris melalui skema visa kerja pascastudi.

“WNI akan mendapatkan manfaat dari visa baru untuk mendorong individu-individu berbakat pindah ke Inggris pada tahap awal karier mereka,” terang Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins dalam keterangan resminya, Senin (6/6).

Jenkins mengatakan, setiap orang Indonesia yang memulai karier mereka di Inggris, akan membantu Inggris membangun perdagangan dan investasi yang lebih besar antara Inggris dan Indonesia, dengan bertindak sebagai jembatan bagi kedua negara.

Baca juga : Indonesia Rebut Juara, Ini Harapan Christian Dan Zacha

Dia mengaku senang, karena Inggris baru saja memudahkan talenta teratas Indonesia untuk pindah ke negaranya dan memulai karier mereka di sana. Jenkins berharap, mendengar lebih banyak kisah sukses orang Indonesia yang memulai bisnis di Inggris.

“Dengan menjual barang-barang Indonesia, atau memberdayakan bisnis Inggris untuk berinvestasi di Indonesia melalui pengetahuan tentang pasar di sini,” paparnya.

Saat mengajukan permohonan visa HPI, pemohon harus memiliki cukup dana. Salah satunya, membayar sekitar Rp 4 juta untuk pemeriksaan validitas kualifikasi pelamar, jika mendaftar dari Inggris serta membayar biaya pengajuan visa sekitar Rp 14 juta.

Selain itu, pelamar harus membayar biaya perawatan kesehatan yang biasanya mencapai sekitar Rp 12,5 juta per tahun selama berada di Inggris. Tetapi biaya itu sudah mencakup semua kebutuhan layanan kesehatan.

Baca juga : Meriahkan Ultah Ratu, Gelar Pertunjukan Musik

Selanjutnya, pelamar harus dapat menghidupi diri mereka sendiri saat tiba di Inggris. Biasanya, dengan biaya setidaknya sekitar Rp 25 juta yang tersedia di rekening mereka.

Inggris sebelumnya juga telah memberikan hak kepada semua lulusan dari program studi selama satu tahun atau lebih di universitas Inggris untuk tinggal dan bekerja di Inggris selama 2-3 tahun setelah lulus melalui skema visa kerja pascastudi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.