Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Covid-19 Di Brunei Terkendali

Ribuan WNI Antusias Shalat Ied Di KBRI Bandar Seri Begawan

Minggu, 10 Juli 2022 18:24 WIB
Dubes RI untuk Brunei Darussalam Dr. Sujatmiko dalam acara shalat Idul Adha yang digelar di KBRI Bandar Seri Begawan, Minggu (10/7). (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)
Dubes RI untuk Brunei Darussalam Dr. Sujatmiko dalam acara shalat Idul Adha yang digelar di KBRI Bandar Seri Begawan, Minggu (10/7). (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan Warga Negara Indonesia (WNI) melaksanakan shalat Idul Adha 1443 Hijriyah di Kedutaan Besar RI Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Minggu (10/7).

Shalat dimulai tepat pada pukul 07.00 pagi dan dihadiri ribuan jamaah. Seperti halnya tahun lalu, KBRI mengadakan shalat Idul Adha dengan pertimbangan situasi Covid-19 yang sudah relatif terkendali di Brunei Darussalam.

 

 

Baca juga : Dongkrak Bisnis Kopi Mendunia, KBRI Bandar Seri Begawan Gelar My Kupi, My Indonesia

“Alhamdulillah, situasi tahun ini lebih baik, sehingga untuk kedua kalinya, setelah pandemi Covid-19, KBRI bisa kembali mengadakan Shalat Idul Adha bersama masyarakat Indonesia” ujar Duta Besar RI untuk Brunei, Dr. Sujatmiko, dalam keterangan tertulis, Minggu (10/7).

Namun demikian, sebagai upaya preventif, kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti membawa sajadah sendiri, wajib menggunakan masker, dan pengecekan suhu badan pada saat memasuki kompleks KBRI, serta diimbau agar yang hadir adalah yang telah negatif ART (Antigen Rapid Test).

 

 

Baca juga : Jateng Dijamin Aman Dari Pengaruh Khilafatul Muslimin

Sejak pagi hari,  antusiasme terlihat jelas di wajah jamaah masyarakat Indonesia yang hadir. Tahun ini merupakan tahun kedua bagi masyarakat Indonesia untuk dapat kembali melaksanakan shalat Id.

Pada tahun 2020, mengikuti anjuran Pemerintah Brunei Darussalam dalam mengatasi pandemi Covid-19, maka KBRI Bandar Seri Begawan tidak mengadakan shalat Id.

Bagi masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam, shalat Id merupakan ajang berkumpul dan mempererat silaturahmi antar Warga Negara Indonesia (WNI) dan juga sebagai sedikit pengobat rindu akan suasana kampung halaman.

Dalam shalat Id kali ini, Ust. Rustam Harahap bertindak selaku Imam, dan Ust. Yadir Beli sebagai Bilal, serta sebagai Khatib, yaitu Ust. Prof Dr Shohibuddin Laming. Dalam khotbahnya, Khatib mengajak jamaah untuk terus mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah, terutama kesehatan, kepada semua masyarakat Indonesia di Brunei dan di Tanah Air.

Baca juga : Silaturahmi Idul Fitri, KBRI Bandar Seri Begawan Gelar Jamuan Diplomatik

Dengan perayaan Idul Adha ini, diharapkan semakin terbentuk jiwa solidaritas kita sebagai Bangsa Indonesia untuk saling membantu. Khatib juga mengajak jamaah untuk berdoa bersama untuk saudara-saudara kita di Tanah Air agar terus berhasil mengendalikan kasus Covid-19.

Di Brunei Darussalam, 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada 10 Juli 2021 sesuai hasil rukyah yang disyahkan Ketua Hakim Syarie, Mahkamah Syariah, Jabatan Kehakiman Negara, Mufti Kerajaan, Kementerian Agama dan Kementerian Pembangunan, setelah melakukan pengamatan bilal setidaknya di lima lokasi di wilayah Brunei.

Tahun ini penduduk Brunei merayakan Idul Adha 1443 H pada 10 Juli 2022, yang sama dengan warga di Indonesia dan beberapa negara lainnya, seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.