Dark/Light Mode

Trump Pertimbangkan Hadir

Besok Sore Dimakamkan, Shinzo Abe Dianugerahi Kerah Orde Tertinggi Krisan

Senin, 11 Juli 2022 23:55 WIB
Trump Pertimbangkan Hadir Besok Sore Dimakamkan, Shinzo Abe Dianugerahi Kerah Orde Tertinggi Krisan

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Jepang menghormati mantan Perdana Menteri Shinzo Abe dengan Collar of the Supreme Order of the Chrysanthemum, dekorasi tertinggi negara itu.

Sebuah peringatan khusus di Kuil Zojoji Tokyo, digelar khusus untuk mengenang Abe, yang merupakan Perdana Menteri Jepang terlama. Acara ini turut dihadiri Perdana Menteri Fumio Kishida dan anggota parlemen lainnya.

"Menteri Keuangan Janet Yellen, yang sedang berkunjung ke Jepang, juga menghadiri upacara tersebut, kata seorang pejabat Departemen Keuangan, seperti dikutip Kyodo, Senin (12/7).

Sementara Wakil Badan Rumah Tangga Kekaidaran Kenji Iked mengatakan, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mengirim bunga dan utusan untuk membakar dupa.

Baca juga : Jokowi Selalu Kenang Jasa Shinzo Abe, Dalam Memperkuat Kerja Sama RI-Jepang

Faksi Partai Demokratik Liberal yang dipimpin Abe menyebut, acara ini dihadiri oleh sedikitnya 2.500 orang, termasuk anggota masyarakat.

Duta Besar AS untuk Jepang Rahm Emanuel dan Duta Besar Rusia untuk Jepang Mikhail Galuzin terlihat di antara kerumunan orang di Kuil Zojoji.

Abe adalah mantan perdana menteri keempat yang menerima penghargaan di bawah konstitusi pasca perang, setelah Shigeru Yoshida, Eisaku Sato, dan Yasuhiro Nakasone.

Abe menjabat ketika Kaisar Naruhito naik tahta pada 2019. Menggantikan ayahnya, Kaisar Akihito.

Baca juga : Tumbangkan Wakil Korsel, Putri Kusuma Wardani Menangis Terharu

Kerah Orde Tertinggi Krisan terbuat dari emas murni dan dikenakan oleh Kaisar Jepang. Penghargaan ini juga telah diberikan kepada beberapa kepala negara asing yang berkunjung di masa lalu.

Pemakaman Abe dijadwalkan berlangsung pada Selasa (13/7) sore di kuil Tokyo. Upacara peringatan terpisah nantinya akan diadakan di Tokyo dan Prefektur Yamaguchi di wilayah barat Jepang, yang merupakan daerah pemilihan Abe.

Trump Mau Hadir

Mantan AS Presiden Donald Trump kini sedang mempertimbangkan rencana untuk menghadiri pemakaman Abe. 

Baca juga : Berkas Perkara Dilimpahkan, PT Merial Esa Segera Jalani Persidangan

Abe adalah pemimpin asing pertama yang bertemu dengan Trump, setelah memenangkan kursi kepresidenan AS.

"Dia datang tepat setelah pemilihan. Dia adalah orang pertama yang saya lihat, setelah saya menjadi presiden terpilih," ungkap Trump kepada situs online AS Breitbart.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan, atas permintaan Kishida, bendera Jepang di Kantor Perdana Menteri akan dikibarkan setengah tiang, untuk mengenang jasa Abe. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.