Dark/Light Mode

Presiden Sri Lanka Berhasil Kabur Ke Maladewa, Jadi Mundur 13 Juli Nggak Nih?

Rabu, 13 Juli 2022 06:41 WIB
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa di tengah perayaan Hari Kemerdekaan negaranya, 7 Februari 2022. (Foto: Instagram)
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa di tengah perayaan Hari Kemerdekaan negaranya, 7 Februari 2022. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa, akhirnya berhasil meninggalkan negaranya. Dia terbang ke Maladewa, Rabu (13/7) pagi, di tengah kemungkinan awal rencana pengunduran dirinya.

Akhir pekan lalu, Rajapaksa telah berjanji mengundurkan diri pada hari ini, dan membuka jalan bagi transisi kekuasaan yang damai, setelah kediaman resminya diduduki puluhan ribu demonstran.

Sebagai presiden, Rajapaksa memiliki kekebalan dari penangkapan. Dia diyakini akan pergi ke luar negeri sebelum mengundurkan diri, untuk menghindari kemungkinan ditahan.

Baca juga : Presiden ACT Minta Maaf Ke Masyarakat

Rajapaksa, istri dan seorang pengawalnya termasuk di antara empat penumpang di pesawat militer Antonov-32, yang lepas landas dari Bandaranaike International Airport menuju Maladewa.

"Paspor mereka sudah distempel. Mereka naik pesawat khusus Angkatan Udara," kata seorang pejabat Imigrasi, yang terlibat dalam proses itu kepada AFP, Rabu (13/7).

Setibanya di Maladewa, rombongan Rajapaksa dibawa ke lokasi yang dirahasiakan di bawah pengawalan polisi. Begitu kata seorang pejabat bandara di Male.

Baca juga : Foto Satwa Langka Asal Madagaskan, Jadian Ganjar Juara IAPVC 2022

Rencana Rajapaksa meninggalkan negaranya, terhambat selama lebih dari 24 jam, setelah ia berselisih dengan petugas Imigrasi di bandara.

Awalnya, dia ingin terbang ke Dubai dengan penerbangan komersial. Namun, staf Bandaranaike International Airport menarik diri dari layanan VIP, dan bersikeras bahwa semua penumpang harus melalui loket umum.

Jelas Rajapaksa tak mau, karena takut jadi sasaran amuk massa. Alhasil, dia pun melewatkan empat penerbangan ke Uni Emirat Arab. 

Baca juga : Dubes China Lu Kang Bersilaturahmi Ke Ponpes Luhur Al Tsaqafah

Seorang pejabat keamanan mengungkap, izin khusus penerbangan militer untuk mendarat di tetangga terdekat India, tidak segera diamankan.

Kemarin, Rajapaksa juga dilaporkan berupaya melarikan diri lewat jalur laut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.