Dark/Light Mode

Pilpres Digelar 20 Juli

Pengunduran Diri Rajapaksa Diterima, Rakyat Sri Lanka Bersuka Cita

Jumat, 15 Juli 2022 14:36 WIB
Gotabaya Rajapaksa, akhirnya mundur secara resmi dari jabatannya sebagai Presiden Sri Lanka. (Foto: Instagram)
Gotabaya Rajapaksa, akhirnya mundur secara resmi dari jabatannya sebagai Presiden Sri Lanka. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Rakyat Gembira

Berita pengunduran diri Rajapaksa, memicu kegembiraan di kota utama Sri Lanka, Kolombo. Para pengunjuk rasa yang berkumpul di luar Istana Presiden, tampak bersuka cita.

Mereka menyalakan petasan, meneriakkan slogan-slogan, dan menari gembira di area demo Gota Go Gama, yang dinamai dengan mengejek nama depan Rajapaksa. 

Baca juga : Sri Lanka, Pelajaran Untuk Kita

"Kami sangat senang, hari ini dia mengundurkan diri. Ketika berkumpul dan bersatu, kami ternyata dapat melakukan segalanya. Kami adalah kekuatan nyata di negara ini," ujar Arunanandan (34),  seorang guru sekolah yang telah berkemah di seberang Istana Presiden, selama tiga bulan terakhir.

Juru Bicara Polisi Nalin Thalduwa mengatakan, jam malam yang diberlakukan di Kolombo pada Kamis (14/7), dicabut pada Jumat (15/7) pagi.

Protes jalanan terhadap krisis ekonomi Sri Lanka yang telah membara selama berbulan-bulan, memuncak pada akhir pekan lalu. Ratusan ribu orang mengambil alih gedung-gedung pemerintah di Kolombo, termasuk Istana Presiden dan Kantor Perdana Menteri. 

Baca juga : Pidato Pengunduran Diri, Boris Johnson Siap Dukung Perdana Menteri Baru

Mereka menyalahkan keluarga Rajapaksa dan sekutunya atas inflasi yang tak terkendali, krisis bahan pokok, dan korupsi. 

Di tengah situasi itu, Rajapaksa kabur ke Maladewa pada Rabu (13/7) dan melanjutkan perjalanan ke Singapura. Dia juga disebut mengincar Dubai sebagai tujuan berikutnya.

Yang pasti, Rajapaksa tak bisa terbang ke Amerika Serikat, karena pengajuan visanya ditolak. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.