Dark/Light Mode

Temperatur Udara Tembus 40,3 Derajat Celcius.

Gelombang Panas Inggris Bikin Rel Melengkung Dan Hanguskan Kabel Listrik

Selasa, 19 Juli 2022 23:23 WIB
Ilustrasi kebakaran akibat gelombang panas. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kebakaran akibat gelombang panas. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelombang panas melanda sejumlah kota di Inggris pada Selasa (19/7). Suhu tercatat lebih dari 40 derajat celcius. Jauh di atas suhu tertinggi 38,7 derajat celcius pada tahun 2019 lalu.

Kantor berita BBC melaporkan, suhu di Coningsby di Lincolnshire, pada pukul 16.00 waktu setempat tercatat mencapai 40,3 derajat celcius.

Sehingga, Dinas Pemadam Kebakaran segera mengumumkan kejadian luar biasa setelah terjadi lonjakan kebakaran, termasuk kebakaran padang rumput, di seluruh Ibu Kota. Gelombang panas juga menyebabkan gangguan listrik.

Beberapa layanan kereta api juga dibatalkan setelah rel melengkung karena terlalu panas dan kabel listrik mengalami overhead.

Baca juga : Kemenperin Kebut Pengembangan Industri Kendaraan Listrik

Lebih dari 350 petugas pemadam menangani kebakaran di seluruh London. Sementara semua kereta api antara London Euston dan Milton Keynes berhenti operasi karena kabel listrik putus.

Operator kereta api C2C mengatakan jalur antara Ockendon dan Upminster akan ditutup karena kebakaran di dekat jalur di London timur, sedangkan A40 ditutup di kedua arah karena kebakaran di Northolt di London barat.

Api besar juga berkobar di Wenington, di London timur, di mana gedung-gedung dan ladang-ladang terbakar. Orang-orang telah dievakuasi dari daerah itu.

Kebakaran juga terjadi hampir seluruh wilayah di Inggris.  Termasuk di Leicestershire, di mana Pemerintah setempat juga mengumumkan kejadian luar biasa. Seperti di, Dartford di Kent dan Nottinghamshire.

Baca juga : KPK Terus Pertimbangkan Tuntut Bupati Tamzil Dengan Hukuman Mati

Pemerintah setempat juga memberikan peringatan agar berhati-hati di sekitar air karena setidaknya lima orang meninggal karena berendam di air selama dua hari terakhir.

Mayat seorang remaja laki-laki yang hilang pada hari Senin ditemukan dari Sungai Thames di Richmond, London barat, pada Selasa sore, kata Polisi Metropolitan.

BBC juga melaporkan, Heathrow adalah tempat pertama yang menembus angka 40 derajat celcius yakni mencapai 40,2 derajat celcius pada pukul 12.50 waktu setempat.

Kemudian, di wilayah lain pada pukul 16.00 waktu setempat juga telah melewati 40 derajat celcius, termasuk St James's Park, Kew Gardens, dan Northolt, di London.

Baca juga : Partai Lama Diuntungkan Parpol Baru Tidak Dilirik

Sebagian besar bagian timur Inggris, dari Surrey hingga South Yorkshire, berada di antara 39 derajat celcius dan 40 derajat celcius, yang berarti sejumlah besar stasiun cuaca telah melampaui rekor suhu Inggris sebelumnya. 

Di Skotlandia, Eskdalemuir di Dumfries dan Galloway, mencapai 30 derajat celcius pada siang hari, sementara di Wales, Hawarden di Flintshire mencatat 36 derajat celcius, untuk sementara suhu tertinggi kedua yang pernah tercatat di Wales.

Kantor Met telah mengeluarkan peringatan panas ekstrem merah yang mencakup sebagian besar Inggris tengah, utara, dan tenggara. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.