Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Rusia Jose Tavares

Nobatkan Putra Putri Permira 2022

Selasa, 19 Juli 2022 07:06 WIB
Dubes Jose Tavares (kanan) dan istri, Fitria Wibowo (kiri), berfoto  bersama pemenang Putra Putri Permira 2022, di KBRI Moskow, Rusia, Minggu, 17 Juli 2022. (Foto KBRI Moskow)
Dubes Jose Tavares (kanan) dan istri, Fitria Wibowo (kiri), berfoto bersama pemenang Putra Putri Permira 2022, di KBRI Moskow, Rusia, Minggu, 17 Juli 2022. (Foto KBRI Moskow)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow, Rusia, menggelar ajang pemilihan duta mahasiswa Indonesia di Rusia, Putra Putri Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) 2022. Ajang ini sebagai awal rangkaian peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Negeri Salju itu.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Rusia merangkap Republik Belarus Jose Tavares hadir dalam grandfinal dan penobatan Putra Putri Permira 2022, di Wisma Duta, Moskow, Minggu (17/7). Mohamad Herlin Idris dan Rosmariani Manalu terpilih menjadi Putra dan Putri Permira 2022.

Dalam acara itu, Dubes Tavares mengatakan, KBRI Moskow akan mendukung berbagai upaya positif Permira dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan. Ia juga berpesan, agar pemenang Putra Putri Permira 2022 dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan menjadi teladan bagi rekan-rekan lainnya.

Berita Terkait : AS Dan Indonesia Latihan Garuda Canti Dharma 2022

”Putra dan Putri Permira terpilih harus mampu menunjukkan ketekunan, kualitas dan kapabilitas diri di atas rata-rata. Baik dalam studi, berorganisasi maupun kehidupan pribadinya. Serta terus memacu diri dan terus belajar menjadi semakin baik,” ucap mantan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri, itu.

Mohamad Herlin Idris adalah mahasiswa studi S2 bidang New Materials and Additive Technologies di Peter The Great St. Petersburg Polytechnic University di St. Petersburg. Sedang Rosmariani Manalu menempuh studi S2 bidang Pariwisata di Kazan State University.

Usai dinyatakan sebagai Putra Permira 2022, Mohamad Herlin Idris menyatakan rasa bahagianya dan bertekad melaksanakan tanggung jawab, tidak saja selama setahun ke depan, namun juga menjalin kolaborasi dengan Putra Putri Permira tahun sebelumnya.

Berita Terkait : Tok! 3 Provinsi Pemekaran Papua Ikutan Pemilu 2024

“Kita akan berkembang bersama dan berupaya memulihkan dan memberdayakan Himpunan Alumni Rusia ke depannya,” ujar Herlin yang asal Bogor, Jawa Barat itu.

 

Lain lagi dengan pendapat Rosmariani. “Setelah kini ditetapkan sebagai Putri Permira 2022, saya merasa bahagia sekaligus takut dengan amanah ini. Tapi saya yakin tidak sendirian dan akan menjalin kolaborasi dengan finalis lain, teman-teman mahasiswa dan juga KBRI dalam kegiatan ke depannya,” tutur dara asal Medan, Sumatera Utara itu.

Pemilihan Putra Putri Permira merupakan ajang kompetisi tahunan yang bertujuan untuk memberdayakan potensi dan bakat mahasiswa, memupuk semangat kebangsaan dan nasionalisme serta menjadi wadah promosi budaya Indonesia di negara akreditasi.

Berita Terkait : Doakan Indonesia Sukses Gelar KTT G20

Selain kegiatan pemilihan Putra Putri Permira 2022, peringatan HUT ke-77 RI akan diisi rangkaian pertandingan olahraga, upacara bendera, pentas seni dan budaya Indonesia hingga fashion show wastra (kain budaya) Indonesia.

Sesuai data Maret 2022, tercatat 1.342 Warga Negara Indonesia tinggal dan bekerja dengan berbagai profesi di berbagai kota di Rusia. Sekitar 548 orang di antaranya merupakan mahasiswa program S1, S2 dan S3. Mereka mayoritas penerima beasiswa Pemerintah Rusia yang belajar di berbagai perguruan tinggi di wilayah Federasi Rusia. ■