Dark/Light Mode

Tak Tahu Malu, Jurnalis Israel Nyelinap Ke Mekah

Jumat, 22 Juli 2022 08:05 WIB
Jemaah Haji Indonesia jalan pagi sambil menikmati pemandangan bukit batu sambil berfoto-foto untuk mengisi waktu luang saat menunggu waktu wukuf, di Padang Arafah, Jumat, 8 Juli 2022. (Sophan Wahyudi/RM)
Jemaah Haji Indonesia jalan pagi sambil menikmati pemandangan bukit batu sambil berfoto-foto untuk mengisi waktu luang saat menunggu waktu wukuf, di Padang Arafah, Jumat, 8 Juli 2022. (Sophan Wahyudi/RM)

 Sebelumnya 
Tamary merupakan satu dari tiga wartawan Israel yang diizinkan masuk Saudi untuk meliput acara yang dihadiri Biden di Jeddah, pekan lalu. Berbeda dengan Mekah dan Madinah, Jeddah merupakan kota internasional di Arab Saudi yang bebas dikunjungi siapa saja. Tanpa batas latar belakang agama.

Namun, usai acara, Tamary justru melakukan kunjungan ke Mekah dengan mobilnya. Dalam video, Tamary memperlihatkan jalanan Kota Mekah dari kaca mobilnya. Ia bahkan terlihat melewati Gerbang Kota Mekah yang menjadi titik umat non Muslim dilarang masuk.

Baca juga : 7 Tahun Menjabat, Zudan Ajak ASN Tetap Semangat & Berkarya.

Ia juga terlihat melewati Gerbang Masjidil Haram, situs paling suci dan penting bagi umat Islam. Tamary juga berswafoto di Gunung Arafah, tempat Nabi Muhammad menyampaikan khotbah terakhir dan salah satu situs umat Muslim beribadah haji. Dengan tersenyum, Tamary memamerkan bahwa dirinya menjadi orang Israel pertama yang bisa memasuki Mekah.

Selama ini, pihak berwenang Saudi melarang total non-Muslim memasuki Mekah dan Madinah. Bagi umat non-Muslim yang mencoba masuk bisa mendapat hukuman, termasuk denda atau deportasi.

Baca juga : AHY Lincah Berburu Berkah

Namun media Saudi, yang dikendalikan Pemerintah, tidak mengangkat isu ini. Belum jelas apakah otoritas Saudi menyetujui perjalanan jurnalis Israel tersebut.

Israel dan Arab Saudi tidak memiliki hubungan diplomatik. Kerajaan Arab Saudi tidak mengakui Israel sebagai negara. Namun di balik layar, kedua belah pihak telah bekerja sama. Baik dalam masalah keamanan karena punya musuh bersama, Iran.

Baca juga : AHY Lincah Berburu Berkah

Arab Saudi mengatakan, pekan lalu, akan membuka wilayah udaranya untuk semua maskapai penerbangan, membuka jalan bagi lebih banyak penerbangan ke dan dari Israel.

Pemerintahan Biden ingin Arab Saudi menormalisasi hubungan dengan Israel yang dikenal dengan “Kesepakatan Abraham”, proses normalisasi yang dicetuskan mantan Presiden Donald Trump. Di era Trump, Israel berhasil menjalin hubungan diplomatik dengan Uni Emirat Arab, Bahrain, Maroko, dan Sudan. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.