Dark/Light Mode

Cuekin Peringatan China, Pelosi Nekat Ke Taiwan

Rabu, 3 Agustus 2022 08:05 WIB
Halaman depan surat kabar Taiwan yang memberitakan Ketua DPR Nancy Pelosi di Taipei, Taiwan,  2 Agustus 2022. (Reuters Ann Wang)
Halaman depan surat kabar Taiwan yang memberitakan Ketua DPR Nancy Pelosi di Taipei, Taiwan, 2 Agustus 2022. (Reuters Ann Wang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat Nancy Pelosi ngotot sambangi Taipei, Taiwan, meski China sudah melayangkan peringatan tegas. 

Walau sebenarnya Taiwan tidak masuk dalam rencana perjalanan resmi Pelosi, sejumlah pejabat AS mengatakan, Ketua DPR dari Partai Demokrat itu akan tetap melawat Taipei pada Rabu (3/8) menggunakan pesawat militer.

Baca juga : Lawan Persib, Pesut Etam Siap Diperkuat Duo Legiun Asing

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan, China tak perlu menjadikan kunjungan Pelosi sebagai krisis yang dapat merusak stabilitas dan keamanan di kawasan.

“Ketua DPR (AS) punya hak mengunjungi Taiwan. Tak ada alasan bagi Beijing mengubah kunjungan potensial sesuai kebijakan lama AS ini menjadi semacam krisis,” ujar Kirby kepada wartawan dikutip AFP.

Baca juga : Eks Presiden Filipina Fidel Ramos Wafat, Kebaikannya Dikenang

Dia  menegaskan, komitmen AS yang menjunjung kebijakan Satu China masih sama dan tak berubah meski dengan lawatan Pelosi ke Taipei.

Dalam pernyataan singkat Pelosi mengenai gertakan China, dia menyebut tidak akan terintimidasi dan tetap meneruskan rencana awalnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.