Dark/Light Mode

HUT ke-77 RI

Diaspora Indonesia Temu Kangen Sambil Lomba Di Beirut

Sabtu, 20 Agustus 2022 07:28 WIB
Anak-anak lomba bawa sendok dan kelereng di KBRI Beirut, Lebanon, Rabu, 17 Agustus 2022. (Foto KBRI Beirut)
Anak-anak lomba bawa sendok dan kelereng di KBRI Beirut, Lebanon, Rabu, 17 Agustus 2022. (Foto KBRI Beirut)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kegembiraan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tak hanya terlihat di Tanah Air. Rabu (17/8), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI Beirut) juga menyelenggarakan rangkaian kegiatan puncak Peringatan HUT ke-77 RI dalam rangka mengekspresikan kegembiraannya dan temu kangen bersama WNI dan diaspora Indonesia di Lebanon.

Perayaan bersama masyarakat Indonesia di Lebanon kali ini merupakan yang pertama setelah tidak diselenggarakan selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19.

Kegiatan puncak diawali dengan Upacara Detik-Detik Proklamasi di halaman gedung KBRI Beirut. Diikuti seluruh pejabat dan staf KBRI serta puluhan WNI yang terdiri dari mahasiswa dan diaspora lainnya.

Baca juga : Ketua MPR: Indonesia Harus Kembangkan Sistem Perekonomian Merdeka

Para peserta sangat antusias mengikuti rangkaian upacara bendera yang mulai diselenggarakan pada pukul 07.30 pagi waktu setempat. Upacara ditutup dengan Aubade anak-anak Indonesia di Lebanon yang menyanyikan lagu-lagu nasional.

Dalam pesannya, Duta Besar RI untuk Lebanon Hajriyanto Y Thohari menyampaikan harapannya agar dengan semangat Proklamasi, senantiasa menyukseskan Presidensi G20 Indonesia yang mengusung tema Recover Together, Recover Stronger.

Dubes Hajriyanto juga berharap, generasi penerus bangsa, termasuk mahasiswa dan diaspora di Lebanon, dapat menanamkan spirit Proklamasi saat berkarya untuk bangsa meskipun jauh dari Tanah Air.

Baca juga : Samsung Rilis Galaxy Z Flip4 5G Indonesia Bespoke Edition

Dalam rangka menyemarakkan perayaan HUT RI di Lebanon, KBRI telah bersama-sama dengan WNI dimulai akhir Juli lalu, melakukan pendakian gunung tertinggi di Lebanon, Black Peak Mountain.

Sedangkan pada Agustus digelar pertandingan olahraga seperti bola futsal, bola ping pong, bulu tangkis, bilyar, perlombaan dart, dan juga lomba tradisional khas indonesia seperti makan kerupuk, rebutan kursi dan sendok kelereng.

Rangkaian acara puncak Peringatan HUT RI ke-77 KBRI Beirut juga dimeriahkan panggung gembira, talent show, bazar makanan khas Indonesia. Seperti rendang, lontong sayur, sambel goreng ati dan masih banyak lagi.

Baca juga : HUT RI ke-77, Wapres Ajak Masyarakat Kobarkan Semangat Bangun Tanah Air

Panggung gembira pun diisi berbagai atraksi dari masyarakat seperti pencak silat dan tarian, band, pertunjukan puisi dan berbagai atraksi lainnya.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.