Dark/Light Mode

Summer Never Ends in Bali, Festival Kuliner Indonesia Di Beijing

Minggu, 21 Agustus 2022 21:59 WIB
Pembukaan festival kuliner Indonesia di Westin Hotel Beijing Financial Street. (FotoL KBRI Beijing)
Pembukaan festival kuliner Indonesia di Westin Hotel Beijing Financial Street. (FotoL KBRI Beijing)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memenuhi rasa kangen masyarakat China, khususnya di Beijing, dengan kuliner khas Indonesia, KBRI Beijing menggandeng Westin Hotel Beijing Financial Street mengadakan festival kuliner sebulan penuh, dari 17 Agustus hingga 18 September 2022. Festival ini bagian dari Peringatan HUT ke-77 RI. Dengan tagline ‘Summer Never Ends in Bali’, diharapkan penikmat kuliner Indonesia di China dapat juga kelak berkunjung ke Indonesia melalui Bali.

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun bersama GM Westin Hotel asal Malang William Yosanto secara resmi membuka acara festival tersebut, Jumat (19/8). Selain dihadiri penikmat kuliner dari Beijing, acara ini juga dihadiri media lokal China dan 3 jurnalis asal Indonesia yang sedang berada di Beijing.

Berdasarkan keterangan KBRI Beijing, Minggu (21/8), festival tersebut semakin semarak dengan pertunjukan tarian Indonesia yang dibawakan mahasiswa Indonesia asal Nanjing. Suasana pembukaan semakin meriah sewaktu penari mengajak Dubes Djauhari, Ibu Wiwik, dan rekan media untuk bergoyang Maumere yang disambut sorak gembira seluruh tamu yang hadir.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Prestasi Atlet Golf Indonesia

Festival kuliner ini juga merupakan bagian dari program ‘Indonesia Spice Up the World!’ yang tujuannya untuk memperkenalkan dan merayakan kekayaan bumbu rempah Indonesia agar terus eksis di pasar regional dan global. Festival ini turut mendatangkan Chef I Made Suriana asal Bali yang berdomisili di China dan berkarier di restoran Barbacoa, Sanya, Hainan. Chef yang dikenal dengan nama Made Andi ini mengawali kariernya sejak 1998 dan pernah bekerja di Four Seasons Maldives, Alila Bali, dan Ritz Carlton Bali.

Selain festival kuliner masakan Bali, turut diadakan kelas memasak, serta private dining experience dan promo menginap di kamar tematik Indonesia. Tak kurang rentetan acara seperti Balinese Afternoon Tea dan Balinese Barbeque Party akan turut memeriahkan acara di Hotel Westin, yang berada pada pusat keramaian kota Beijing di Financial Street ini.

Bagi pengunjung yang ingin hadir, dapat menikmati sajian prasmanan makan siang dan makan malam yang tak kalah seru. Sajian Asinan, Gado-gado, Lawar Udang, Ayam Betutu, Be Siap Pelalah, Tuna Sambel Matah, Soto Pesmol Sari Laut, dan Cram Cam Be Siap adalah beberapa masakan khas Bali yang siap menggelitik lidah para pengunjung di Beijing.

Baca juga : OK OCE Berikan Paket Sembako Bagi Peserta Donor Darah Di Festival Entrepreneur Indonesia 2022

Bagi penikmat bakar-bakaran, secara khusus akan dihidangkan Sate Kambing, Iga Babi Bakar, Sate Ayam, Sate Sapi, Sate Lilit Ikan, dan Babi Guling Bali yang telah tersohor di mancanegara. Untuk penutup rasa, bubur ketan hitam, es sagu, lumpia pisang goreng dan es teler tentunya siap menggoyang lidah para penikmat kuliner di Beijing.

KBRI Beijing bersama mitra kerja akan terus mempromosikan kuliner khas Indonesia sebagai bagian promosi budaya bagi ‘Friends of Indonesia’. Dengan pesona dan karakteristik masakan Indonesia yang telah mendunia dipadu dengan bumbu rempah Indonesia, kegiatan ini tentunya tak dapat dilewatkan.

Bagi pengunjung yang berminat mengikuti Indonesian Food Festival, dapat langsung menyambangi Westin Hotel Beijing Financial Street dari 17 Agustus hingga 18 September 2022 di 9C Financial Street, Xicheng District. “Yuk, kita ramaikan keragaman kuliner Indonesia melalui Indonesia Spice Up The World Event!,” ucap Dubes Djauhari.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.