Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, KBRI Bangkok Gelar Panggung Gembira Dan Bazar Kuliner

Senin, 22 Agustus 2022 21:22 WIB
Dubes Rachmat Budiman saat menggelar Pangung Gembira di perayaan HUT Ke-77 RI, Sabtu (20/8). (Foto: KBRI Bangkok)
Dubes Rachmat Budiman saat menggelar Pangung Gembira di perayaan HUT Ke-77 RI, Sabtu (20/8). (Foto: KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebih dari 1.500 orang masyarakat atau diaspora Indonesia dan “Friends of Indonesia” di Bangkok dan sekitarnya memeriahkan Acara Bazar dan Panggung Gembira di ruang terbuka KBRI Bangkok, Sabtu (20/8).

Pada acara tersebut hadir pula para Duta Besar dan diplomat negara-negara anggota ASEAN dan Timor Leste. Acara, yang baru diadakan kembali sejak adanya Pandemi Covid 19 ini, diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Hadirin, yang sudah berada di tempat sejak acara dibuka secara resmi pada jam 12.30 oleh Duta Besar Rachmat Budiman disertai istri Riet Rietanty, tidak beranjak dan tetap berkumpul dengan riang gembira penuh rasa syukur sampai acara berakhir pada pukul 00.30 dini hari.

 

 

Baca juga : HUT RI Ke-77, The Bataks Band Guncang Tapanuli Utara

Mereka terlihat sangat menikmati seluruh rangkaian bazar dan panggung gembira peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia. Bangkok seolah terus “bergoyang” mulai siang hingga dini hari.

Bazar yang mengusung konsep “Dari, Oleh, dan Untuk Masyarakat/Diaspora Indonesia” ini diikuti oleh 31 peserta menampilkan aneka kuliner, batik, dan kerajinan tangan khas Indonesia. Para pengunjung antri mengular di setiap tenda-tenda peserta bazar.

Selain menunjukkan antusiasme, hal ini juga mencerminkan kerinduan masyarakat/diaspora Indonesia untuk berkumpul menonton pertunjukan musik dan tari sambil menikmati kelezatan aneka kuliner khas Indonesia yang dijajakan pada Bazar ini antara lain seperti nasi Padang, nasi krawu, nasi liwet lengkap pete bakar, aneka sate, bakso, mie goreng, pempek, tahu tempe, siomay, lumpia, dan anake panganan tradisional lainnya.

 

 

Baca juga : Hari ASEAN Ke-55, KBRI Bandar Seri Begawan Gelar Pertandingan Bulutangkis Persahabatan

Bazar ini juga dimeriahkan oleh partisipasi perusahaan air minum kemasan Indonesia dan Thailand yang menyediakan produk-produknya secara gratis bagi para pengunjung.

Acara panggung gembira yang juga diselenggarakan bersamaan sejak siang hari diisi dengan berbagai pertunjukan Musik dan Tari. Tari-tarian yang ditampilkan siswa-siswi Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) dan masyarakat/diaspora Indonesia antara lain Tari Piring, Tari Manuk Dadali, dan Tari Klana Topeng Sewandana.

Sedangkan pertunjukan musik dimeriahkan oleh penampilan grup musik pop, dangdut, dan rock, yaitu “No Ages Under-pressure” Band (home band KBRI Bangkok), Anak-Anak SIB, Karakaz Band (Komunitas masyarakat Filipina), serta para penyanyi yang datang khusus dari Jakarta yaitu Gita Kemala Voice, penyanyi Dangdut Lisye & Rica, dan penyanyi Rising Star Dangdut Indonesia Nayunda.

Panggung gembira juga turut dimeriahkan oleh penyanyi Lookthung Thailand, Nancy. Acara panggung utama, yang dimulai pukul 19.00, dimulai dengan do’a, sambutan Duta Besar, dan pengerukan tumpeng.

Nasi tumpeng kemudian diserahkan oleh Dubes Rachmat bersama Ibu Riet Rietanty Budiman kepada Sdr. Nur Nugraha, pegawai setempat KBRI Bangkok yang akan segera memasuki masa purna tugas.

Baca juga : Meriahkan Kemerdekaan RI, IndiHome Hadirkan Paket Promo Diskon 77 Persen

Penyerahan tumpeng juga dilakukan kepada para Dubes negara-negara anggota ASEAN dan Timor Leste serta Duta Besar Ito Sumardi yang datang khusus untuk turut memeriahkan Panggung Gembira.

Kegembiraan suasana rangkaian bazar dan Panggung Gembira semakin meriah dengan door prizes antara lain berupa sepeda lipat, smart tv dan peralatan elektronik lainnya, tab/laptop, handphone, voucher menginap di berbagai hotel, voucher makan di berbagai restoran, voucher pelayanan medis, dan aneka hadiah lainnya. Door prize ini berasal dari home stafs KBRI Bangkok, masyarakat/diaspora Indonesia, dan “Friends of Indonesia”.

Dalam sambutannya, Dubes Rachmat menyampaikan bahwa kegiatan bazar dan panggung gembira ini sebagai ungkapan rasa syukur bahwa masyarakat/diaspora Indonesia dapat kembali bersama-sama berkumpul untuk mengekspresikan kebahagiaan dan rasa syukur atas anugerah kemerdekaan yang diperoleh Bangsa Indonesia sejak 17 Agustus 1945.

"Acara ini juga ungkapan rasa syukur dengan semakin membaiknya situasi pandemi Covid 19 yang memberikan kesempatan lebih luas untuk terus berkarya leluasa bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia antara lain dengan mewujudkan tema Peringatan HUT ke -77 Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat," ujar Dubes Rachmat.

Kemeriahan seluruh rangkaian acara mencermikan bahwa semangat kebersamaan, persaudaraan dan nasionalisme masyarakat/diaspora Indonesia di Thailand tetap terpelihara dengan baik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.