Dark/Light Mode

Pemimpin Terakhir Soviet Gorbachev Meninggal, Tokoh Dunia Ucapin Duka Cita

Rabu, 31 Agustus 2022 13:09 WIB
Mantan pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev (kiri) dengan mantan Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan pada 1987. (Foto Reuters)
Mantan pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev (kiri) dengan mantan Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan pada 1987. (Foto Reuters)

 Sebelumnya 
Tidak jauh berbeda, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson turut menyebut Gorbachev sebagai seorang teladan di tengah invasi yang dilancarkan Vladimir Putin di Ukraina.

"Di saat agresi Putin di Ukraina, komitmen (Gorbachev) yang tanpa lelah untuk membuat masyarakat Soviet masih sebuah teladan bagi kita semua," ujarnya.

Baca juga : Gorbachev, Presiden Pertama Dan Terakhir Uni Soviet, Meninggal Di Usia 91

Sekjen PBB Antonio Guterres juga menyampaikan duka cita.

Mikhail Gorbachev mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian pada 1990 berkata tindakannya yang berani untuk mengubah hubungan Barat dan Timur. Ia dikenal sebagai pemimpin Uni Soviet pada akhir 1980-an yang dinilai berhasil memulihkan hubungan dengan Barat.

Baca juga : Ekonomi Global Mendung, Sri Mulyani Siapin Payung

Gorbachev adalah salah satu tokoh sentral dalam mengakhiri Perang Dingin bersama Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan dan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher (The Iron Lady).

Reagan dan Thatcher telah meninggal beberapa tahun yang lalu. Dulu, Gorbachev merupakan sekretaris jenderal dari Partai Komunis Soviet. Karier politiknya yang melesat pada usia muda membuatnya dianggap sebagai angin segar dari perpolitikan Soviet pada kancah global.

Baca juga : Wapres: Kita Kehilangan Orang Baik

Dilansir BBC, Rabu (31/8), Gorbachev meninggal karena penyakit lama yang dideritanya. Dia sudah sering keluar-masuk rumah sakit. Pada Juni 2022, dia dilaporkan dibawa ke rumah sakit karena penyakit ginjal. Meski demikian, penyebab resmi meninggalnya Gorbachev belum diumumkan.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.