Dark/Light Mode

Muluskan Jalan Buat Investor Nusantara

Kepala Badan Otorita IKN Datangi Korsel

Selasa, 6 September 2022 11:05 WIB
Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono, saat berbicara di forum Global Infrastructure Cooperation Conference (GICC) 2022 di Seoul, 30-31 Agustus 2022. [Foto: KBRI Seoul]
Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono, saat berbicara di forum Global Infrastructure Cooperation Conference (GICC) 2022 di Seoul, 30-31 Agustus 2022. [Foto: KBRI Seoul]

 Sebelumnya 
Negaranya, ujar Won, cukup yakin dengan kemampuan teknologi dan pengalaman dalam membangun infrastruktur perkotaan, seperti pembangunan Ibu Kota Administratif Sejong dan Smart City di Busan dan Songdo Incheon.

Bahkan, lanjut mantan Gubernur Provinsi Jeju ini, Pemerintah Korsel juga ingin mendorong keterlibatan pihak swasta berinvestasi dan berkolaborasi dengan mitra asing yang membutuhkan.

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono menekankan 5 konsep membangun IKN, Green (ramah lingkungan), Smart (penggunaan teknologi pintar untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat), Inklusif (kota yang layak bagi semua kalangan), Resilience (ketahanan terhadap risiko bencana alam atau perubahan iklim), serta sustainable (berkelanjutan untuk masa depan).  [Foto ilustrasi: KBRI Seoul]

Baca juga : Garuda Nusantara Mulai Digembleng

Di samping menghadiri GICC dan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi, Bambang juga memanfaatkan kunjungan ke Korea Selatan dengan bertemu beberapa mitra potensial Indonesia dari sektor swasta.

Selain itu, Bambang juga bertemu mantan Sekjen PBB Ban Ki-moon, untuk bertukar pikiran, tentang pembuatan kebijakan pembangunan berorientasi ramah lingkungan dan beradaptasi terhadap perubahan iklim. Hal ini krusial, karena Kota Nusantara akan menjadi Ibu Kota Indonesia yang Bebas Karbon pada 2045.

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono saat bertemu mantan Sekjen PBB Ban Ki-moon. [Foto: KBRI Seoul]

Baca juga : Gandeng PP Muhammadiyah, BSI Perkuat Inklusi Dan Penetrasi Keuangan Syariah Nasional

Agenda Bambang lain selama berada di Korea Selatan adalah mengunjungi Ibu Kota Administratif Korea Selatan, yaitu Sejong, pada Senin (29/8). Dalam kunjungan tersebut, dilakukan pertemuan dengan Vice Administrator dan Dirjen Perencanaan Perkotaan Badan Pembangunan Ibu Kota Administratif Sejong (National Agency for Administrative City Construction).

Pertemuan ini, selain untuk belajar mengenai pengalaman dan tantangan Korsel membangun Kota Sejong sejak 2006, Bambang juga mengunjungi beberapa landmark Kota Sejong, seperti Promotion Hall, Command Center Kota Pintar Sejong, Jembatan I-eung, dan Gedung tertinggi di Kota Sejong.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.