Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes RI Untuk Tunisia Zuhairi Misrawi, Jajaki Kerja Sama Kelautan Dan Perikanan

Rabu, 7 September 2022 08:00 WIB
Dubes Zuhairi Misrawi (kedua kanan) saat berkunjung ke pulau Kerkennah, Sfax, Tunisia, Minggu (4/9). (Foto: KBRI Tunis)
Dubes Zuhairi Misrawi (kedua kanan) saat berkunjung ke pulau Kerkennah, Sfax, Tunisia, Minggu (4/9). (Foto: KBRI Tunis)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia (Dubes RI) untuk Tunisia Zuhairi Misrawi menjajaki kerja sama sektor kelautan dan perikanan, antara Indonesia dengan Tunisia, dalam kunjungan kerjanya ke Pulau Kerkennah, Sfax, Tunisia, Minggu (4/9).

Berdasarkan keterangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tunis, Senin (5/9), kunjungan Zuhairi itu dilakukan atas undangan pengusaha dan organisasi masyarakat sipil Tunisia yang bekerja di bidang ke lautan dan perikanan.

“Saya melihat langsung dan berjumpa para nelayan di Pulau Kerkennah, Sfax, Tunisia, untuk melihat budidaya dan industri sektor kelautan dan perikanan,” ujar Dubes Zuhairi.

Baca juga : Angkasa Pura II Jajaki Kerja Sama Dengan Bandara Los Angeles

“Yang menarik perhatian saya, para nelayan di Tunisia sangat memperhatikan dimensi ekosistem perikanan dan ramah lingkungan,” sambungnya.

Tunisia dikenal sebagai salah satu negara pengekspor ikan ke Eropa dan Asia. untuk itu, Zuhairi menjajaki kemungkinan kerja sama sektor kelautan dan perikanan dengan Tunisia. Dia juga menyoroti pentingnya partisipasi perempuan yang sangat besar dalam sektor ke lautan dan perikanan Tunisia.

“Saya berjumpa perempuan turut serta dalam melaut, sehingga dapat menjaga keberlangsungan tradisi dan ekosistem perikanan. Peran serta seluruh masyarakat sangat penting dalam pengembangan sektor kelautan,” ujarnya.

Baca juga : Ada Adegan Ferdy Sambo Dan Istri Pelukan

Zuhairi juga bertemu Wali Kota Kerkennah, Monsyif al- Faqir dan berkunjung ke pabrik ekspor rajungan atau kepiting laut di pinggir pelabuhan di pulau itu.

“Kami berbincang perihal kemungkinan kerja sama Indonesia-Tunisia dalam kajian kepulauan, kelautan dan perikanan. Saya sangat terkesima dengan kajian kepulauan dalam rangka merawat sejarah dan tradisi,” ujarnya.

“Saya juga melihat langsung ekspor kepiting laut ke Korea Selatan, Vietnam, dan Thailand. Maknanya, sektor perikanan sudah disiapkan sektor industrinya. Hal ini dapat menjadi pelajaran bagaimana perikanan juga langsung bisa diekspor,” lanjut Zuhairi.

Baca juga : Dukung Pemutaran Film Tiga Dara Di IFD

Dia menambahkan bahwa Indonesia bisa belajar dari cara Tunisia mengelola sektor kelautan dan perikanan. Sebaliknya Indonesia juga bisa berbagi pengalamannya kepada Tunisia. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.