Dark/Light Mode

Arab Saudi Tampung Pasukan AS

Kawasan Teluk Bakal Adem Atau Justru Tambah Panas

Senin, 22 Juli 2019 04:10 WIB
Pasukan AS melakulan upacara bendera di markas penugasan baru mereka di Arab Saudi. (Foto : Press TV).
Pasukan AS melakulan upacara bendera di markas penugasan baru mereka di Arab Saudi. (Foto : Press TV).

RM.id  Rakyat Merdeka - Mengantisipasi ketegangan di kawasan Teluk, Amerika Serikat berencana menugaskan sejumlah pasukan militer di Arab Saudi. Pertanyaannya, kehadiran pasukan Paman Sam ini akan bikin adem kawasan Teluk atau justru sebaliknya.

Dikutip dari Channel News Asia pada Sabtu (20/7), Arab Saudi bersedia menjadi tuan rumah bagi pasukan Negeri Paman Sam itu. Keputusan itu mengakhiri ‘hiatus’ (berhenti sementara) Arab Saudi dalam menerima kehadiran pasukan AS pada 2003, menyusul berakhirnya perang dengan Irak.

“Berdasarkan kerja sama timbal balik antara Arab Saudi dan Amerika Serikat, dan keinginan mereka untuk menjaga keamanan kawasan (Teluk) Raja Salman memberikan persetujuannya untuk menjadi tuan rumah pasukan Amerika,” kata juru bicara kementerian itu kepada kantor berita pemerintah Saudi, SPA.

Baca juga : Syafruddin Pastikan Tak Ambil Bagian Dalam Kontestasi Ketua Umum PPP

Sebelumnya, kehadiran AS di Arab Saudi berlangsung selama 12 tahun, dimulai dengan Operasi Badai Gurun pada tahun 1991, ketika Irak menginvasi Kuwait. Saat itu, di puncak perang Irak.

Sebanyak 200 pesawat AS ditempatkan di pangkalan udara Prince Sultan, yang terletak sekitar 80 kilometer di selatan ibu kota Riyadh.

Selain itu, sebanyak 2.700 misi setiap harinya dilakukan kantor pusat komando AS di Arab Saudi.

Baca juga : Anies Revitalisasi Taman Ismail Marzuki

Tetapi, hubungan antara kedua negara tidak selalu mulus. Perbedaan pendapat utamanya meningkat setelah serangan 11 September 2001, yang menghancurkan gedung kembar World Trade Center di New York. Pasca-serangan tersebut, AS menuduh pemimpin Al-Qaeda kelahiran Arab Saudi, Osama bin Laden, sebagai dalang utamanya.

Belakangan, ketegangan antara AS dengan Iran terasa di kawasan Teluk. Terlebih lagi pada Jumat (19/7), Iran mengatakan telah menyita sebuah kapal berbendera Inggris di Selat Hormuz.

Di saat bersamaan, Presiden AS Donald Trump bersikeras menyatakan, pihaknya berhasil menembak jatuh drone milik Iran. Klaim tersebut dibantah Iran.

Baca juga : Kawasan Padat Penduduk di Tanah Abang Kebakaran

Juni lalu, pelaksana tugas Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan memerintahkan penugasan lebih dari 1.000 pasukan AS ke Timur Tengah untuk keperluan pertahanan dalam mengimbangi ancaman Iran.

Selain itu, akan ada juga tambahan 900 pasukan militer yang khusus mengurusi pasukan angkatan udara AS di Timteng. Dan 600 tambahan lainnya sebagai teknisi pasukan Angkatan Laut dan teknisi misil serta kapal induk sebagai antisipasi serangan rudal Iran. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.