Dark/Light Mode

Ratu Elizabeth II Wafat, Ucapan Duka Mengalir Deras

Pemimpin Dunia Ungkap Kesedihan Dan Kekaguman

Sabtu, 10 September 2022 08:05 WIB
Ratu Elizabeth II tutup usia pada 8 September 2022, di usia 96 tahun. (Samir Hussein/Getty Images)
Ratu Elizabeth II tutup usia pada 8 September 2022, di usia 96 tahun. (Samir Hussein/Getty Images)

 Sebelumnya 
Perdana Menteri (PM) Inggris yang baru saja dilantik Elizabeth II, Liz Truss, mengatakan, kematian Ratu adalah kejutan besar bagi bangsa dan dunia. Apalagi, dua hari lalu, dia bertemu dengan Ratu yang memintanya membentuk pemerintahan baru.

“Ratu adalah batu di mana Inggris modern dibangun, dan negara kita telah berkembang di bawah pemerintahannya,” ucap Truss.

Baca juga : Ratu Elizabeth II Wafat, Liga Inggris Pekan ke-7 Bakal Ditunda

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden dan Ibu Negara, Jill Biden mengatakan, dalam dunia yang terus berubah, Ratu Elizabeth II adalah sumber kenyamanan dan kebanggaan bagi warga Inggris.

Menurutnya, kekaguman terhadap Elizabeth II abadi karena menyatukan orang-orang di seluruh Persemakmuran. Menurutnya, tujuh dekade pemerintahannya yang bersejarah, menjadi saksi zaman kemajuan manusia yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga : Ratu Elizabeth II Mangkat, Pangeran Charles Naik Tahta

“Dia mendedikasikan seluruh hidupnya untuk pelayanan mereka,” ucap Biden.

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga memberikan penghormatan terakhir kepada Elizabeth II. “Saya ingat dia sebagai teman Prancis, seorang ratu baik hati yang telah meninggalkan kesan abadi di negara dan di abadnya,” katanya.

Baca juga : PMI Bangun Pertanian Untuk Kesejahteraan Rakyat Papua

PM Belgia Alexander De Croo juga mengirimkan belasungkawa kepada Keluarga Kerajaan dan rakyat Inggris.

“Semoga Yang Mulia Ratu Elizabeth II beristirahat dalam damai. Selama lebih dari tujuh dekade, dia adalah mercusuar stabilitas dan martabat bagi rakyat Inggris,” ujar De Croo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.