Dark/Light Mode

Ratu Elizabeth II Wafat, Ucapan Duka Mengalir Deras

Pemimpin Dunia Ungkap Kesedihan Dan Kekaguman

Sabtu, 10 September 2022 08:05 WIB
Ratu Elizabeth II tutup usia pada 8 September 2022, di usia 96 tahun. (Samir Hussein/Getty Images)
Ratu Elizabeth II tutup usia pada 8 September 2022, di usia 96 tahun. (Samir Hussein/Getty Images)

 Sebelumnya 
Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan, Elizabeth II merupakan model dan inspirasi bagi jutaan orang. Termasuk di Jerman.

Komitmennya untuk rekonsiliasi Jerman-Inggris setelah Perang Dunia II tidak akan terlupakan. “Dia akan selalu dikenang,” ucap Scholz.

Baca juga : Ratu Elizabeth II Wafat, Liga Inggris Pekan ke-7 Bakal Ditunda

PM Narendra Modi juga menyampaikan penghormatan terakhirnya kepada Ratu Elizabeth II. Sebagai salah satu negara Persemakmuran, Modi mengatakan, Elizabeth II akan dikenang sebagai pendukung zaman.

Menurut Modi, Elizebeth II memberikan kepemimpinan yang menginspirasi bangsa dan rakyatnya. Katanya, Elizabeth II mempersonifikasikan martabat dan kesopanan dalam kehidupan publik.

Baca juga : Ratu Elizabeth II Mangkat, Pangeran Charles Naik Tahta

“Kami sedih karena kematiannya. Pikiran saya bersama keluarga dan orang-orang Inggris di saat yang menyedihkan ini,” kata Modi.

Sedangkan PM Australia Anthony Albanese mengatakan, pemerintahan bersejarah, umur panjang yang diabdikan untuk tugas, keluarga, iman dan pelayanan telah berakhir dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Baca juga : PMI Bangun Pertanian Untuk Kesejahteraan Rakyat Papua

“Hati orang Australia tertuju kepada masyarakat Inggris yang berduka hari ini, mengetahui bahwa mereka akan merasa telah kehilangan apa yang membuat bangsa mereka utuh,” lanjut Albanese.

Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9) di usia 96 tahun. Kabar itu diumumkan Istana Buckingham. Sebagai Ratu Inggris dan 14 kerajaan lainnya, dan kepala Persemakmuran 54 negara, Elizabeth II jadi kepala negara yang paling dikenal di dunia ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.