Dark/Light Mode

Kunjungi Inggris, Kang Emil Fokus Ulama Hingga Sampah Plastik

Senin, 22 Juli 2019 14:10 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengadakan kunjungan kerja ke Inggris dari 21 hingga 24 Juli 2019. (Foto KB Antara)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengadakan kunjungan kerja ke Inggris dari 21 hingga 24 Juli 2019. (Foto KB Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengadakan kunjungan kerja ke Inggris dari 21 hingga 24 Juli. Perjalanan ini sudah direncanakan sejak tahun lalu karena membawa tiga misi. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengawali kunjungan kerja ke Inggris dengan meresmikan sudut budaya Jawa Barat di pusat musik dan seni budaya South Hill Park, Bracknell yang tidak jauh dari Lapangan pacuan kuda Ascot, London, Minggu (21/7).

Kang Emil mengatakan kepada Kantor Berita Antara, misi pertama kunjungan kerja itu adalah finalisasi dari proyek investasi Inggris sebesar Rp 3 triliun untuk mengatasi masalah sampah plastik di Jabar. Proyek itu akan dilakukan di lima lokasi yang akan menjadi proyek percontohan mengatasi sampah plastik yaitu kota Bogor, Bekasi, Bandung, Cirebon, dan Tasikmalaya.

Baca juga : Susi Ancam "Tenggelamkan" Pembuang Sampah Plastik ke Laut

Limbah plastik ini rencananya akan diolah menjadi bahan bakar bersumber dari limbah atau "waste to fuel". "Apabila berhasil maka plastik di Jabar bisa diubah menjadi bahan bakar sehingga Jabar bisa menjadi percontohan di kawasan ASEAN," ujarnya. 

Kedua adalah rencana pengiriman ulama Jabar ke Inggris. Hal ini sejalan dengan rgtan program pelatihan Bahasa Inggris dari Kedutaan Besar Inggris: English for Ulama.  Dia berharap akan ada pertukaran ulama. Yang dari Jabar bisa menjadi duta dialog Islam yang ramah, dan Inggris dapat menjadi pintu dalam memperkenalkan Islam ke Eropa.

Baca juga : Racikan Lampard Sudah Paten

Ketiga adalah kerja sama dengan Pemerintah Inggris terkait revitalisasi SMK di Jawa Barat. "Pemerintah Inggris bisa memberikan bimbingan dan pelatihan kepada pelajar SMK Jabar dalam menyongsong revolusi 4.0," ujarnya.

Menurut Emil, kunjungan kerja ke Inggris punya tiga agenda utama dari total 26 pertemuan. Menurut Tim Akselerasi Pembangunan Jawa Barat Ridwansyah Yusuf Ahmad kepada Antara, 26 pertemuan yang diagendakan antara lain Guberbur Emil bertemu dengan perusahaan Plastic Energi yang akan membantu mengatasi masalah sampah plastik di Jabar, dan berkunjung ke Perusahaan teh di Inggris Finlays Tea. 

Baca juga : Kita Bisa Tiru? Cara Australia Atasi Sampah Plastik di Air

Kang Emil juga akan mengadakan beberapa pertemuan serta menjadi pembicara dalam acara A Peaceful Dialogue yang digelar British Institute of Peace di Manchester. Selain itu, dia akan menghadiri bisnis forum UK Asean Business Council dan berkunjung ke Bandara Manchester serta acara dialog dengan City of Glasgow College on Vocational skills. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.