Dark/Light Mode

Jadi Komandan Pemenangan Pilgub Jateng, Peran Puan Untuk Ganjar Sangat Besar

Sabtu, 6 Agustus 2022 11:58 WIB
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo/Ist
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik Hendri Satrio (Hensat) mengingatkan peran Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam karier politik Ganjar Pranowo hingga menjadi Gubernur Jawa Tengah (Jateng), sangatlah besar.

Puan diketahui menjadi Ketua Pemenangan Pilgub Jateng PDIP Tahun 2013. Puan berdiri di garis depan memenangkan Ganjar saat itu.

“Waktu pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang memenangkan Ganjar itu, kan komandan pemenangannya Mbak Puan," kata Hensat kepada wartawan, Jumat (5/8/22).

Baca juga : Ganjar Gandeng TNI AL Manfaatkan Teknologi Hidro-Oseanografi

Pendiri Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) ini menilai, ketika masuk kontestasi Pilpres 2024 dan Puan ikut dalam kontestasi itu, sudah sewajarnya  Ganjar membantu memenangkan Puan.

"Ya sekarang gantian lah. Pak Ganjar yang membantu Mbak Puan," tegas Hensat. 

Lebih lanjut, Hensat menuturkan, sebenarnya publik akan sangat hormat kepada Ganjar manakala membantu Puan dalam Pilpres 2024.

Baca juga : Warga Bandung Kini Bisa Nikmati Perawatan Kecantikan Harga Terjangkau

Ganjar, sambung Hensat, akan menjadi vote getter (penggaet pemilih) yang akan dihargai dan dikenang. Bahkan, di internal PDIP pun nama Ganjar akan dihormati tanpa ada pertentangan.

Kalau pun ada yang menentang, Hensat meyakini itu bukan dari kader PDIP, melainkan dari relawan yang kemungkinan dulu mendukung Presiden Jokowi.

“Tapi nggak apa-apa, namanya juga demokrasi," pungkas Hensat. 

Baca juga : Lestari: Kewajiban Pendaftaran PSE Untuk Lindungi Warga Negara

Diketahui, Puan menjadi Ketua Fraksi PDIP pada 2012. Saat itu Puan menggantikan Tjahjo Kumolo. 

Pada tahun 2013, Ganjar juga menjadi Anggota Fraksi PDIP di bawah komando Puan. Ketika bertarung di Pilgub, Puan jugalah yang pasang badan untuk Ganjar.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.