Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Belgia Tampilkan Reog Dan Tenun Di Acara Indonesia Month

Selasa, 13 September 2022 07:05 WIB
Dubes Andri Hadi (tengah, berdiri, bertopi) bersama para penampil reog di acara De Schat van Indonese, Sabtu (10/9). (Foto KBRI Brussels)
Dubes Andri Hadi (tengah, berdiri, bertopi) bersama para penampil reog di acara De Schat van Indonese, Sabtu (10/9). (Foto KBRI Brussels)

 Sebelumnya 
Pembukaan acara itu dilakukan 6 September lalu, diselenggarakan bersamaan dengan diskusi buku Revolusi karya sejarawan Belgia David van Reybrouck yang diluncurkan pada 2020.

Buku itu memaparkan kisah Indonesia memperjuangkan kemerdekaan, dan bagaimana kemerdekaan Indonesia telah mempengaruhi tataran global.

Baca juga : Dubes RI Untuk China Dan Wagub Fujian Kompak Genjot Kerja Sama

David, yang lahir dan besar di Belgia, menghabiskan lima tahun untuk menulis buku tersebut. Dia meneliti Indonesia dan era kolonialisme.

Duta Besar Indonesia untuk Belgia Andri Hadi salut atas kegigihan David menemukan sumber sejarah, karena buku yang ditulis mewajibkan David menemui para saksi mata langsung.

Baca juga : Pelatihan Tari Bali Meriahkan Indonesian Cultural Day 2022

“Salah satu keistimewaan buku ini, bagaimana David mengartikulasikan makna kemerdekaan Indonesia. Khususnya efek riak kemerdekaan Indonesia,” terang Dubes Andri, seperti dikutip dalam keterangan KBRI Brussels, Minggu (10/9).

Dalam upaya memperkaya promosi Indonesia, KBRI Brussels juga menyelenggarakan pagelaran budaya di Plasa Perpustakaan Oostende. Atas kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Ponorogo, KBRI Brussels menghadirkan Reog Ponorogo. Ramainya musik khas Reog semakin menyemarakkan suasana dan mengundang kehadiran warga.

Baca juga : BSU Siap Disalurkan Pekan Ini, Kemenaker Gandeng Pos Indonesia

Selain Reog, ada juga pertunjukan angklung hingga tari-tarian nasional seperti Tari Merak, Tari Belibis dan Tari Sajojo.

Rangkaian kegiatan juga diisi dengan diskusi yang menghadirkan Joss Wibisono, sejarawan Indonesia yang lama menetap di Belanda. Ada juga Gie Goris, jurnalis Belgia yang juga pemerhati isu-isu terkait Asia Tenggara. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.