Dark/Light Mode

Kolaborasi Budaya Dua Negara

Bertemu Di Bosnia, Tampil Di Indonesia

Sabtu, 17 September 2022 07:09 WIB
Raffid Subasic (tengah) dan Tri Retno Kawuri (kanan), saat tampil berkolaborasi bersama Dimas Phetorant (kiri) di Cemara 6 Galeri-Museum, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022) sore. [Foto: Rusma/Rakyat Merdeka/RM.id]
Raffid Subasic (tengah) dan Tri Retno Kawuri (kanan), saat tampil berkolaborasi bersama Dimas Phetorant (kiri) di Cemara 6 Galeri-Museum, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022) sore. [Foto: Rusma/Rakyat Merdeka/RM.id]

 Sebelumnya 
Sevdah, Senandung Dari Negeri Balkan

Penampilan sevdah, genre musik tradisional asal Bosnia dan Herzegovina di Cemara 6 Galeri-Museum di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, sore Rabu (7/9) lalu, adalah buah pertemuan Inda Citraninda Noerhadi dengan Tri Retno Kawuri pada 2016 di Bosnia.

Sementara Retno, adalah Staf Protokol dan Konsuler di Kedutaan Besar RI (KBRI) Sarajevo, Bosnia Herzegovina. Dia adalah juga istri Raffid Subašić, musisi perkusi dan vokalis asal Bosnia. Perempuan asal Kediri, Jawa Timur ini sudah lebih dari 20 tahun tinggal di Bosnia.

Baca juga : Portugal Tertarik Berguru Badminton Dari Indonesia

Sedangkan Raffid adalah artis, musisi perkusi dan vokalis asal Bosnia-Herzegovina. Rabu itu, bersama Retno, dia tampil berduet membawakan musik tradisional Bosnia, sevdah, berkolaborasi dengan Dimas Phetorant, gitaris, yang juga Wakil Dekan III Fakultas Seni Pertunjukan Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

 

Direktur Cemara 6 Galeri-Museum, Indra Citraninda Noerhadi (tengah) saat  memberikan sambutan di acara Sevdah Musical Perform di Cemara 6 Galeri-Museum di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/9) sore. (Foto: Rusma/Rakyat Merdeka/RM.id)

 

Baca juga : Transformasi Perpustakaan Bentuk Ekosistem Digital Nasional

Sebelumnya, Raffid telah merilis dua album dan aktif mewakili musisi Bosnia di Euro Song pada 2001 dengan Al'Dino (nama panggung dari Aldin Kurić), penyanyi, penulis lagu dan komposer Bosnia) di Perancis.

Pada 2002 ia aktif bepergian ke negara-negara Eropa Barat dengan Dino Merlin ke konsernya. Dino Merlin (Edin Dervišhalidović) adalah penyanyi-penulis lagu, musisi, dan produser rekaman asal Bosnia. Dia juga pendiri dan pimpinan Merlin, salah satu band rock terlaris di Eropa Tenggara.

Tidak hanya lagu pop, Raffid juga sangat berbakat membawa emosi melalui lagu tradisional Bosnia, sevdah dan nasyid Islami dalam bahasa Bosnia, Arab dan Turki. Raffid juga menguasai daff dan instrumen perkusi lainnya. Termasuk darbuka, “gendang piala”, membranofon kepala tunggal dengan piala berbentuk dandang, telah ada selama ribuan tahun dan digunakan dalam budaya Mesopotamia dan Mesir kuno, juga terlihat di Babilonia dan Sumeria dari awal 1.100 SM.

Baca juga : Ketum IMI Dukung Touring Lintas Negara Ducati Official Club Indonesia

Pada 2003 Raffid mewakili Bosnia dan Herzegovina dengan band-nya, Oriental Bend ke Salzburg, Austria, mengikuti Kompetisi Etno Music. Lalu pada 2007 dan 2011, ia merilis album hits berjudul Sreca and Trag dan Licu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.