Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kolaborasi Dangdut-Looktung, Ajang Persahabatan Budaya RI-Thailand

Selasa, 20 September 2022 22:53 WIB
Kolaborasi Dangdut dan Looktung dalam Malam budaya Indonesia atau Indonesian Cultural Night, di Thailand, Minggu (18/9). (Foto: Dok. KBRI Bangkok)
Kolaborasi Dangdut dan Looktung dalam Malam budaya Indonesia atau Indonesian Cultural Night, di Thailand, Minggu (18/9). (Foto: Dok. KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malam budaya Indonesia atau Indonesian Cultural Night yang diselenggarakan pada 18 September 2022 di Thailand, tidak hanya menampilkan kekayaan budaya Tanah Air, tapi juga sebagai sarana peningkatan kerja sama budaya Indonesia dan Thailand. Dalam pertunjukan yang digelar selama 2 jam tersebut, juga dipertunjukkan kolaborasi musik Dangdut dan Looktung oleh artis ibu kota kedua negara.

Berdasarkan keterangan resmi KBRI Bangkok, kolaborasi ini sekaligus merupakan upaya mengimplementasikan kerja sama bidang kreatif ekonomi yang tertuang pada Memorandum of Understanding on Creative Economy antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia dan Creative Economy Agency (CEA) Thailand sejak 2019. Pembahasan rencana kolaborasi ini telah dilakukan sejak 2020, namun tertunda karena situasi pandemi Covid-19.

Baca juga : Polisi Baik Kasih Panggung, Yang Buruk Buang Aja

KBRI Bangkok menggandeng Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan tim produksi CEA Thailand, yang pembahasan persiapan kolaborasinya dilakukan secara online. Bentuk kolaborasi tidak hanya tertuang melalui penampilan dua genre musik lagu dari dua negara berbeda, namun juga upaya memadukan unsur musik Dangdut (Indonesia) dan Looktung (Thailand) dalam lagu khas Looktung Nanathong yang dikombinasikan lagu Kopi Dangdut.

Medley kedua lagu tersebut secara khusus diaransemen ulang seniman Jakarta untuk dinyanyikan Fery Ansyah, jebolan ajang kompetisi Dangdut Academy, dan penyanyi label grammy terkemuka di Thailand, Meentra Intira. Aransemen musik kedua lagu tersebut terdengar selaras dan merdu seakan mengajak penonton bergoyang menikmati alunan instrumen tradisional Thailand yang dipadu irama gendang.

Baca juga : Kolaborasi B20-L20 Indonesia Dukung Pemulihan Sektor Ketenagakerjaan Global

Selain kolaborasi musik dua negara, malam tersebut juga menghadirkan penampilan musik Looktung secara terpisah yang ditampilkan Pemprov Suphanburi. Musik Looktung adalah genre musik yang berkembang di daerah pedesaan di Thailand dan terkenal di Wilayah Timur Laut Thailand. Lirik-lirik lagu yang bernuansa puitis, umumnya menceritakan tentang gaya hidup pedesaan, cinta, keindahan alam, serta keyakinan agama dan budaya.

Gubernur Suphanburi Natthapat Suwanpraeteep berkesempatan membawakan lagu bergenre Looktung yang menceritakan tentang Ramwong Suphanburi dengan diiringi kelompok pemusik Suphanburi. Suphanburi selama ini terkenal sebagai daerah di Thailand yang banyak menghasilkan penyanyi dan pemusik Looktung di tingkat nasional.

Baca juga : Survei: Mayoritas Pendukung Puan Maharani Warga Pedesaan

Selain sebagai upaya untuk mengimplementasikan MoU on Creative Economy kedua negara, kolaborasi dua genre musik ini dalam malam budaya Indonesia merupakan representasi dari upaya peningkatan people to people contact antara dua bangsa. Dalam kaitan ini, Duta Besar Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman turut memaknai persahabatan budaya kedua negara dengan membawakan lagu Thailand berjudul Talay Jai (Ocean Heart) yang dipopulerkan Grup Band terkenal Thailand Bernama Carabao. Penampilan Dubes Rachmat Budiman diiringi kelompok musik orkestra Departemen Seni Musik, Fakultas Seni dan Seni Terapan Universitas Chulalongkorn Bangkok.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.