Dark/Light Mode

Literasi Digital Jadi Benteng Pertahanan Hadapi Bahaya Arus Informasi

Kamis, 11 Agustus 2022 15:47 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum OASE Kabinet Indonesia Maju Tri Siswati mengatakan saat ini teknologi informasi menjadi kebutuhan masyarakat. Meski begitu, Tri mengatakan setiap orang harus belajar bertanggung jawab dalam mengakses informasi.

"Salah satu yang menjadi penyebab rusaknya generasi muda, ialah arus informasi yang datang begitu cepat sampai ke masing-masing orang dalam 24 jam," kata Tri, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (11/8).

Baca juga : Resmi Dibuka, Piala Presiden Esports 2022 Tampilkan Keindahan Budaya Indonesia

"Tidak ada lagi batas-batas dimana informasi yang waktunya langsung bisa diserap berbagai pihak," imbuhnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Tri dalam kegiatan literasi digital yang digelar Kementerian Kominfo, GNLD Siberkreasi, dan Oase Kabinet Indonesia Maju di Aula Gedung Mapalus, Manado, Sulawesi Utara.

Baca juga : Pertamina Buktikan Kuat Hadapi Tekanan Pandemi

Tri menilai, literasi digital menjadi benteng pertahanan untuk terhindar dari bahaya arus informasi.

"Pesatnya kemajuan teknologi di segala bidang telah menjadi bagian dari kehidupan kita semua. Sebagai benteng pertahanan untuk terhindar dari bahaya arus informasi, yakni melalui literasi digital," ucap Tri.

Baca juga : Wakil Kepala BPIP Beberin Kiat Jadi ASN Berintegritas Dan Berhati Pancasila

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw mengatakan masyarakat dituntut untuk melek digital. Langkah ini diperlukan agar mampu menciptakan ruang digital yang positif dan bijak.

"Digital ini tidak hanya persoalan hak kita untuk bisa memanfaatkan ruang digital tetapi juga bagaimana kita memanfaatkan ruang digital dengan bijak," kata Steven.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.