Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kampanye Bahaya Plastik

Ayah Ditemani Balita Sepedaan 11 Ribu Km

Jumat, 23 September 2022 07:32 WIB
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Apa yang dilakukan Anil Chauhan, mungkin bisa jadi pengingat betapa pentingnya menjaga lingkungan.

Demi mengingatkan masyarakat soal bahaya plastik, Chauhan bersepeda dari Wilayah persatuan Daman-Diu ke Kota Lucknow, Negara Bagian Uttar Pradesh, India.

Berita Terkait : Ketua MPR Optimistis Pariwisata Bali Segera Bangkit

Perjalanan sejauh 11 ribu kilometer (km) itu tidak dilakukannya sendiri. Chauhan ditemani dua anaknya, Shreya (7) dan Yukti (4). Dia memulai perjalanan itu pada 1 Januari 2022.

Sepanjang perjalanan, Chauhan berbicara langsung dengan penduduk desa. Dia mengkampanyekan agar warga menghindari plastik sekali pakai. Apalagi, sebagian besar sapi di negaranya mati karena memakan plastik sekali pakai.

Berita Terkait : Indonesia Bisa Senasib Dengan Uni Soviet

“Plastik juga jadi salah satu penyebab utama penyakit pada sapi,” kata Chauhan, mengutip India Times, kemarin.

Perjalanan itu bukan tanpa rintangan. Selain harus bepergian bersama anaknya yang masih kecil, dia juga hanya membawa satu tas dan dua selimut.

Berita Terkait : Kampanye 8.8 Pesta Diskon Supermarket, Shopee Bagikan Tips Dan Trik

Chauhan berhenti dan beristirahat di kuil, halte bus dan stasiun kereta api, setelah matahari terbenam.

Di perjalanan, Chauhan kerap mendapat bantuan makanan dan air dari warga yang tahu tujuan mulianya. Chauhan juga mendapat dukungan dari pihak sekolah, kepala desa dan warga sekitar, saat berinteraksi dengan warga dan anak-anak. ■