Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jaga-jaga Di Rest Area

Layani Pemudik Anak-anak, Sediakan Klinik Kesehatan

Kamis, 28 April 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Aher. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Aher. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Aher meminta Pemerintah memperhatikan kondisi pemudik anak-anak dalam perjalanan mudik Lebaran tahun ini. Pasalnya, dari 85,5 juta calon pemudik, terdapat anak-anak yang perlu mendapat perhatian khusus.

“Mereka rentan terpapar penyakit atau keletihan. Pastikan di setiap terminal, stasiun, bandara maupun rest area yang disinggahi pemudik, agar tersedia tempat istirahat dan klinik kesehatan untuk kondisi darurat,” kata Netty dalam keterangannya, kemarin.

Sebagai informasi, berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), akan ada sekitar 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan.

Baca juga : Pertamina Siaga, Temani Pemudik Di Perjalanan Sambut Lebaran Idul Fitri

Netty meminta para pemudik menyiapkan perbekalan memadai untuk kebutuhan anak-anak. Khususnya pemudik dengan kendaraan roda dua.

Dia meminta pemudik berhati-hati saat membawa anak-anak. Apalagi, cuaca, polusi udara dan kemacetan jalan tentu tidak cocok untuk anak-anak.

“Sebaiknya jangan membawa anak mudik dengan motor. Apalagi didudukkan di depan. Itu sangat berbahaya,” saran politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Baca juga : Layani Dan Lindungi Pemudik Agar Semua Tiba Dengan Selamat

Terkait protokol kesehatan (prokes), Netty meminta Pemerintah Pusat dan daerah melaku­kan pengetatan pengawasan pada para pemudik. Pastikan prokes dijalankan. Awasi tempat-tempat yang menjadi titik istirahat atau berhenti para pemudik seperti di rest area, tempat makan, fasilitas publik dan sebagainya.

“Jangan sampai mudik tahun ini jadi titik balik peningkatan kasus Covid-19 di Tanah Air,” wanti-wanti dia.

Selain itu, Netty juga meminta Satgas Penanganan Covid-19 Pusat maupun daerah melakukan inspeksi rutin ke terminal, stasiun, bandara dan sejenisnya. Pasalnya, terminal bis, stasiun kereta api atau bandara tentu akan dipenuhi para pemudik.

Baca juga : Segera Sediakan Vaksin Halal

Dia mengimbau dilakukan mitigasi sedini mungkin agar potensi membludaknya para pemudik di lokasi tersebut tidak terjadi pelanggaran prokes.

“Jadi, petugas maupun pengelola harus diedukasi agar turut menjaga prokes para penumpang,” saran dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.