Dark/Light Mode

Dubes RI Di Colombo

Gelar Bazar Amal Dan Budaya Untuk Sri Lanka

Selasa, 4 Oktober 2022 06:16 WIB
Dubes Dewi Gustina Tobing (depan, tengah) bermain angklung bersama Wamenlu Sri Lanka Arunu Wijewardane (ketiga dari kiri), serta sejumlah diplomat Colombo, Sri Lanka. (Foto KBRI Colombo)
Dubes Dewi Gustina Tobing (depan, tengah) bermain angklung bersama Wamenlu Sri Lanka Arunu Wijewardane (ketiga dari kiri), serta sejumlah diplomat Colombo, Sri Lanka. (Foto KBRI Colombo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah krisis yang terjadi di Sri Lanka, Indonesia turut berpartisipasi dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan dana. Untuk mendukung upaya itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Colombo, Sri Lanka menggelar kegiatan bazar amal pada Sabtu (1/10).

Tak cuma penggalangan dana, bazar amal bertajuk “Cultural and Charity Bazaar” itu juga untuk memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Sri Lanka. Selain itu, juga merayakan HUT ke-30 Indonesia Friendship Association (SLIFA).

Baca juga : Damai Putra Group Sukses Gelar Donor Darah Untuk Warga

Duta Besar Indonesia (Dubes RI) untuk Sri Lanka, Dewi Gustina Tobing juga memanfaatkan kegiatan itu untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada para pejabat asing di negara tersebut. Salah satunya, dengan mengajak Wakil Menteri Luar Negeri Sri Lanka Aruni Wijewardane, para kepala perwakilan negara sahabat, para pengusaha dan pengunjung lainnya untuk bermain alat musik khas Jawa Barat, angklung.

“Tujuan utama penyelenggaraan bazar amal adalah membantu warga Sri Lanka yang membutuhkan akibat terkena krisis ekonomi,” ucap Dewi, dalam keterangan tertulis, Minggu (2/10).

Baca juga : Dubes Rusia Hingga Dubes AS Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

“Hasil keuntungan penyelenggaraan bazar akan disumbangkan kepada masyarakat rentan di Sri Lanka,” imbuhnya.

Sementara Wamenlu Wijewardane mengapresiasi kegiatan bazar amal ini. Dia juga menyampaikan, hubungan baik Indonesia-Sri Lanka menjadi pelopor lahirnya Gerakan Non-Blok.

Baca juga : Dubes RI Di Islamabad Galang Dana Bantu Korban Banjir Pakistan

Pada April dan Mei 2022, Indonesia tercatat telah memberikan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan dan peralatan kesehatan senilai 1,6 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 24 miliar pada rakyat Sri Lanka yang sedang menghadapi krisis ekonomi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.