Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk AS Dianugerahi Award Henry G Bennett Dari Oklahoma State University

Jumat, 14 Oktober 2022 07:12 WIB
Berpose usai menerima penghargaan Henry G Bennett 
Distinguished Fellow Award. (Dari kiri) Dr Randy Kluver; Konjen 
RI di Houston, Andre Omer Siregar; Dubes Rosan Roeslani; Istri 
Dubes Rosan, Ayu Heni Rosan; Istri Konjen RI di Houston, Rika 
Siregar; dan Dr. Ken Eastman dalam seremoni penganugerahan 
Henry G. Bennett Distinguished Fellow Award, 7 Oktober 2022 di Wes Watkins, Oklahoma State University (OSU). (Foto KBRI Washington DC)
Berpose usai menerima penghargaan Henry G Bennett Distinguished Fellow Award. (Dari kiri) Dr Randy Kluver; Konjen RI di Houston, Andre Omer Siregar; Dubes Rosan Roeslani; Istri Dubes Rosan, Ayu Heni Rosan; Istri Konjen RI di Houston, Rika Siregar; dan Dr. Ken Eastman dalam seremoni penganugerahan Henry G. Bennett Distinguished Fellow Award, 7 Oktober 2022 di Wes Watkins, Oklahoma State University (OSU). (Foto KBRI Washington DC)

 Sebelumnya 
OSU memberikan penghargaan tersebut karena kontribusi Rosan di bidang pendidikan, pelayanan publik, diplomasi, dan komitmennya pada perdamaian. Rosan tercatat sebagai penerima pertama penghargaan tersebut dalam 10 tahun terakhir.

Tahun ini, penghargaan Henry G Bennett juga dianugerahkan kepada Charles Dambach, yang merupakan salah satu nominasi penerima Nobel Perdamaian 2017.

Baca juga : Portugal Tertarik Berguru Badminton Dari Indonesia

Sebelum penyerahan penghargaan, Rosan menyampaikan kuliah umum mengenai hubungan bilateral Indonesia-AS dan perspektif bisnis. Kuliah tersebut memberi gambaran mengenai pertumbuhan ekonomi dan prioritas Indonesia saat ini. Juga potensi penguatan hubungan kerja sama Indonesia-AS.

Dia menambahkan, berkunjung kembali ke OSU mengingatkannya pada masa 34 tahun silam.

Baca juga : Dubes RI Untuk Korsel Apresiasi Pelatihan Daewoong Bagi Mahasiswa Tanah Air

“Masa tinggal saya di Oklahoma adalah momen yang tidak terlupakan. Saat kuliah saya mendapat pekerjaan di salah satu dealer mobil, tempat saya belajar tentang penjualan, menghubungkan klien dan pelanggan, serta cara menjalankan sebuah bisnis,” ucap pria yang menjabat sebagai Dubes RI untuk AS sejak 25 Oktober 2021 tersebut.

Rosan merupakan Dubes ke-21 RI untuk AS. Sebelumnya, dia pernah memegang berbagai jabatan penting lain di Indonesia. Di antaranya, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2015-2021 dan Ketua Satuan Tugas Omnibus Law.

Baca juga : Dubes RI Untuk Malaysia Boyong UMKM Ke Pameran Produk Halal

Rosan juga pernah menerima bintang jasa Belgia, Commander in the order of Leopold II, pada 2017. Dia mendapatkan anugerah itu atas perannya memajukan hubungan bilateral Indonesia-Belgia, khususnya dalam bidang kerja sama ekonomi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.